Mengecek Gula Darah ! Kapankah Waktu Yang tepat Untuk Melakukanya ?

Mengecek Gula Darah –  Memilih Waktu Yang Tepat Untuk Mengecek Gula Darah . Anda pasti tidak aneh kalo sedang berada di dekat orang yang terkena diabetes, benda yang selalu dipakai oleh orang itu stiap hari kiranya anda tau apakah itu?

Yup benda yang dipakai orang yang mengidap penyakit diabetes setiap hari adalah alat untuk mengecek gula darah,

Alat yang dipakai untuk mengecek gula darah sudah menjadi teman setia bagi orang yang mengidap penyakit diabetes.

Untuk mengecek kadar gula (glukosa) dalam darah memang tidak bisa dilakukan secara kasat mata,

sebenarnya bukan cuma pengidap penyakit ini yang membutuhkan alat untuk mengecek gula darah tersebut.

Karena kita juga membutuhkan alat tersebut untuk mengetahui kadar gula dalam darah agar kita dapat melakukan pencegahan lebih dini sebelum terjangkit penyakit diabetes.

Mengapa Pengidap penyakit diabetes harus Mengecek gula darah?

Orang yang terkena diabetes memiliki metabolisme tubuh untuk memproses kandungan gula dalam makanan dan kandungan gula tersebut bergerak bebas dalam darah di seluruh tubuh.

Kandungan gula dalam darah tersebut apabila terlalu tinggi akan sangat bahaya karena dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dan komplikasi pada tubuh.

Penyakit diabetes adalah penyakit berbeda dengan penyakit lainnnya yang dapat disembuhkan,

Penyakit diabetes ini tidak dapat disembuhkan melalui pengobatan.

Akan tetapi penyakit ini dapat dikendalikan dengan menjaga kadar gula dalam darah agar selalu normal melalui paduan obat-obatan

yang diresepkan dokter dan kedisiplinan yang ketat dalam menjalani keseharian dengan gaya hidup sehat sehingga kadar gula dalam darah selalu pada batas normal.

Penderita penyakit diabetes ini biasanya akan diminta untuk mengecek gula darah secara rutin setelah di diagnosis mengidap penyakit diabetes.

Hal tersebut bertujuan agar mengetahui kadar gula dalam darah dan pengobatan diabetes bekerja secara baik dalam tubuh sipengidap diabetes.

Mungkin si pengidap diabetes akan diminta mengecek kadar gula dalam darah beberapa kali dalam sehari.

Mengecek kadar gula dalam darah sendiri ,

anda dapat menilai sebaik mana tubuh anda merespon pengobatan yang sedang anda jalani tersebut (jika anda terkena diabetes).

Serta anda bisa memahami jenis olahraga serta makanan apa saja yang dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah.

Dengan mengetahui kadar gula dalam darah anda bisa melakukan tindakan pencegahan untuk antisipasi.

Seberapa sering dan waktu terbaik untuk mengecek kadar gula darah secara mandiri?

pengecekan gula darah secara mandiri dilakukan untuk memantau apakan diabetes yang di idap oleh anda telah memiliki kontrol yang baik atau tidak .

Selain itu jika anda mengetahui kadar guladarah dari waktu ke waktu anda bisa berkonsultasi kepada dokter dengan melaporkan keberhasilan pengobatan atau terapi yang sedang dijalani oleh anda.

Lantas, kapankah waktu terbaik untuk mengecek gula darah Anda?

Waktu yang terbaik untuk melakukan pengecekan gula dalam darah anda / pasien diabetes sebenarnya tergantung dari seberapa parahkah atau alasan pasien pengidap diabetes untuk melakukan pengecekan gula dalam darah tersebut.

Secara umumnya pengecekan dilakukan secara mandiri tergantung beradasrkan tipe penyakit diabetes yang sedang adnda alami dan rencana yang sudah ditentukan untuk pengobatan anda.

Pengidap diabetes dengan tipe 1 dapat rekomendasi melakukan pengecekan kadar gula dalam darah sebanyak 10 kali dalam sehari oleh dokter.

Hal itu dilakukan sebelum makan dan mengonsumsi makanan ringan,

sebelum dan setelah olahraga, sebelum tidur, dan terkadang dilakukan pada malam hari.

Pengidap Diabetes dengan tipe 2 yang sudah melakukan terapi suntik insulin mungkin akan melakukanya beberapakali dalam sehari tergantuk dengan kadar jumlah dan tipe insulin yang di suntikan.

Waktu terbaik untuk melakukan pengecekan guladarah untuk memantau keadaan Anda adalah pada saat bangun tidur, sebelum dan sesudah anda makan, dan sebelum tidur.

Jika pengobatan ini yang sedang anda jalani terus anda mengalami hipoglikemia,

Sebaiknya anda melakukan pengecekan gula dalam darah sebelum anda melakukan aktivitas anda seperti berikut ini :

  • Mengemudi
  • Melakukan aktivitas berat
  • Menggunakan benda yang membutuhkan kewaspadaan lebih

Jika Anda ingin melakukan tes gula darah secara mandiri untuk alasan yang umum dan bukan untuk mengubah dosis insulin yang dibutuhkan oleh anda,

seperti mengetahui bagaimanakah tubuh anda mengontrol gula dalam darah pada tubuh anda ,

waktu terbaik untuk mengecek gula dalam darah Anda adalah setiap hari pada waktu yang sama selama beberapa waktu tertentu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.