5 Tips Hemat Buat Anak Kost agar Uang Cukup untuk Sebulan

5 Tips Hemat Buat Anak Kost agar Uang Cukup untuk Sebulan – Buat anak kost, mengelola keuangan itu sangat penting artinya. Bagaimana caranya agar uang kiriman dari orang tua harus cukup dipakai untuk segala macam keperluan selama sebulan.

Namun tak jarang uang kiriman tersebut sudah habis saja di tengah bulan. Dan parahnya, kejadian tersebut selalu berulang dari waktu ke waktu. Pasti ada yang salah nih dari cara hidup Kamu!

Nah, kalau Kamu punya masalah yang sama seperti di atas, sekarang coba deh simak beberapa tips buat anak kost berikut ini, mungkin bisa sedikit memberi Kamu inspirasi biar bisa hemat.

Tips hemat untuk Anak Kost

Tips Hemat untuk Anak Kost

Kalau melihat dari kisah di atas, sepertinya ada yang salah dari cara pengelolaan keuangan Kamu. Berikut ini adalah beberapa tips hemat yang bisa Kamu coba, agar bagaimana uang Kamu cukup hingga akhir bulan, ini gak cuma buat anak kost lho! Simak ya beberapa tips berikut!

#1. Jangan Boros saat Kiriman Uang Datang

Hal ini selalu saja terjadi, uang yang baru dikirim bisa lenyap seketika. Perhatikan pengeluaran Kamu ketika uang kiriman datang, sebisa mungkin Kamu harus memperhitungkan secara cermat agar uang bisa cukup sampai akhir bulan.

Jangan sampai Kamu terlalu boros karena melihat uang banyak datang. Ingatlah bagaimana kalau Kamu susah di tengah bulan, apakah harus minta kiriman lagi sama orang tua? Malu dong!

#2. Kurangi Jalan-jalan

Tips hemat buat anak kost selanjutnya yaitu mengurangi jalan-jalan. Namanya anak muda wajar saja kalau sering jalan-jalan sama teman, entah itu sekedar nongkrong atau buat keperluan lainnya. Namun, kegiatan ini harus Kamu batasi kalau ingin uang cukup sampai akhir bulan.

Cobalah tinjau ulang kegiatan Kamu, mana yang ada hubungan dengan pendidikan dan mana yang bukan. Sesekali bolehlah jalan keluar sama teman, tapi kalau setiap hari, dijamin Kamu akan cepat bangkrut.

Satu hal lagi yang harus Kamu tanamkan pada pikiranmu, Kamu jauh dari rumah itu untuk belajar / bekerja, untuk menuntut ilmu / nafkah dan bukan buat hura-hura. So, please be wise dalam memilih aktivitas.

Baca Juga : 12 Tips Lengkap Untuk Bisnis Yang Sukses

Saat Kamu jauh dari rumah, sebenarnya Kamu sedang belajar berpikir dewasa dan bijaksana, karena setelah itu, sepanjang hidup Kamu harus berpikir dewasa dan bijaksana!

#3. Selalu Simpan Uang untuk Hal Mendesak

Hidup ini tak selalu mulus, begitupun dengan kehidupan anak kost a.k.a anak rantau. Kadang ada saja keadaan darurat yang harus Kamu hadapi, dan itu butuh dana.

Contohnya saja seperti kendaraan yang rusak, sakit atau ada keperluan pendidikan yang sangat mendesak yang harus Kamu beli. Itu semua tak mungkin tercukupi kalau Kamu boros dan tak punya simpanan uang.

Oleh sebab itu, biasakan diri untuk menyisihkan uang tiap bulannya untuk keadaan mendesak tersebut, tidak usah banyak-banyak, cukup tabung 10% dari uang kiriman itu sudah bagus.

Kalau misalnya uang kuncian Kamu itu gak kepake, suatu saat uang itu bisa Kamu gunakan untuk hal yang produktif, contohnya seperti untuk membuka usaha. Btw, sekarang udah gak zaman lho kerja harus kantoran!

#4. Makan Sewajarnya

Ya iyalah bang, kita mah makan wajar kaya orang-orang lain… Masih makan nasi.. emang abang.. makan beling!!!

Gini broooo and sissss….

Yang dimaksud makan sewajarnya itu adalah makan jangan yang mewah-mewah terus. Jangan yang enak-enak terus.

Sebenarnya hal itu yang bikin kantong Kamu bocor dan uang selalu sekarat di akhir bulan. Tak usah gengsi untuk makan di warteg atau makan nasi bungkus, tapi sesekali juga Kamu boleh makan di tempat yang enak dan mahal.

Kamu bisa buat jadwal dalam sebulan, umpamanya makan di tempat yang enak dalam sebulan Kamu jatah 5 kali. Sisanya ya makan di warteg.

Lebih bagus lagi kalau Kamu bisa masak, paling tidak bisa masak nasi. Jadi Kamu tinggal beli lauknya saja. Tentu hal ini akan menghemat uang Kamu.

#5. Jangan Terlalu Pelit

Hemat atau irit, itu beda dengan pelit ya! Jangan sampai Kamu berhemat lalu jadi orang yang pelit, apalagi kalau pelit sama diri sendiri, itu bahaya.

Saking ingin berhemat, Kamu sampai makan sehari hanya sekali, itu bukanlah tindakan yang bijaksana, tapi menyiksa diri, ujung-ujungnya Kamu malah bisa sakit. Niatnya mau berhemat malah Kamu harus keluar duit untuk biaya berobat ke dokter. Think twice guys!

Dan lagi, jika ada teman yang butuh pinjaman uang, sebaiknya pinjamkan saja kalau ada dana lebih. Siapa tahu di lain waktu justru Kamu yang butuh uang. Kalau Kamu pelit, maka siapapun tak akan mau meminjami Kamu uang. Prinsipnya, kita harus saling membantu kalau ingin bertahan hidup.

Baca Juga: Pasangan Gak Suport dalam Bisnis? Ini yang Perlu Anda lakukan!

Mungkin itu saja beberapa tips hemat untuk anak kost. Kalau Kamu terapkan secara benar dan konsisten, uang Kamu bisa cukup sampai sebulan.

Baca Juga: Tips Cara Meredam Emosi Ketika Bertengkar Dengan Pasangan

Comments are closed.