Tasik Oktober Festival (TOF) Bikin MACET !

Tasik Oktober Festival (TOF) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat di sekitar Jalan HZ Mustofa, Kecamatan Cihideung, Sabtu (13/10/2018). Diadukan oleh sejumlah pengguna jalan. Karena festival ini membuat pengguna jalan terpaksa memutar arah dengan jarak yang lebih jauh karena penutupan jalan dilakukan di beberapa jalan.

Implementasi Tasik Festival, yang diselenggarakan selama tujuh hari di pusat kota, kini telah mulai berdampak pada arus lalu lintas. Dengan kemacetan di beberapa titik, terutama jalan penyangga yang merupakan pusat perdagangan.

Menurut salah satu pengendara, Jenal Arifin (34 tahun) mengatakan bahwa kemacetan sangat melelahkan bagi pengemudi dan stres. Mulai dari Masjid Agung hingga Jalan Yudanegara adalah titik kemacetan yang parah.

“Mungkin orang-orang keluar, menurut saya acara besar seperti ini harus berada di tempat yang tepat seperti kompleks Dadaha agar tidak mengganggu akses jalan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya menjelaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan polisi dan penyelenggara. Departemen Perhubungan juga menduga ini akan terjadi.

“Antisipasinya adalah membuka jalur yang dulunya satu arah menjadi dua arah. Kami juga terpaksa menutup beberapa jalan penyangga karena alasan tertentu,” jelas Kepala Lalulintas, Kota Tasikmalaya, Ajat Sudrajat.

Selanjutnya, Ajat mengungkapkan bahwa jalan yang digunakan selama Festival Tasik Oktober (TOF) adalah Jalan Oto Iskandar Dinata, Jalan Dr. Soekardjo, bagian dari Jalan Sutisna Senjaya, dan Jalan R Ikik Wiratmaja.

“Tidak hanya itu, sejumlah angkutan umum yang digunakan oleh warga Kota Tasikmalaya akan dipindahkan sejauh mungkin. Ini adalah langkah kami untuk menghindari kemacetan selama acara (TOF),” katanya.

Divisi Lalu Lintas Departemen Perhubungan juga mendesak orang-orang yang ingin atau tertarik dengan pusat kota. Untuk menghindari titik kemacetan dan parkir kendaraan di tas yang telah disediakan oleh petugas.

Source : WF