Di Bongkar Taman Alun-Alun Manonjaya Tak Melanggar Aturan

Kepala Bidang (Kabid) Aset pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tasikmalaya H Cecep Rostata menuliskan pembongkaran taman atau aset yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) atas beberapa Taman Alun-Alun Manonjaya tidak menyalahi aturan. Karena dasarnya atas kemauan dan tekanan dari masyarakat.

Di Bongkar Taman Alun-Alun Manonjaya Tak Melanggar Aturan

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 tahun 2016 mengenai Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah ditata soal penghapusan aset. Penghapusan dapat dilakukan sebab bangunan telah lapuk, bobrok atau ada pekerjaan negatif yang dilaksanakan di aset kepunyaan daerah. Termasuk adanya tekanan atau kemauan dari masyarakat sebab ada sesuatu urusan yang terjadi pada aset tersebut,” ujarnya, Kamis (22/11).

Kata dia, permasalahan ini telah ditempuh cocok aturan. Apalagi sebelum pembongkaran terdapat rekomendasi dari DPRD dan persetujuan Wakil Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP. “Sekarang soal SK bupati mengenai penghapusan aset sedang dibuat. Saat ini PUPR sedang merancangnya dan minggu depan mudah-mudahan selesai. Ketika seluruh proses dan surat keputusan turun. Berarti beberapa taman tersebut telah resmi dihapuskan dari aset daerah,” kata Cecep.

Isi dari berita acara penghapusan aset tersebut, kata dia, atas dasar kemauan masyarakat dengan adanya kekhawatiran pekerjaan negatif yang dapat terjadi di tempat taman. Apalagi area tersebut tepat sedang di depan Masjid Agung Manonjaya. “Jadi atas dasar dalil itulah hadir usulan penghapusan aset. Secara aturan memang tidak melanggar sebab muncul dari kemauan masyarakat,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya Drs Yusep Yustisiawandana MM menyatakan sudah menciptakan berita acara penghapusan aset beberapa sarana dan kemudahan Taman Alun-Alun Manonjaya yang telah dibongkar. “Suratnya telah kita bikin dan di berikan ke Bidang Aset, bermukim ditindaklanjuti oleh surat keputusan bupati soal penghapusan aset,” tandasnya.

Source : Radar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.