SULAWESI KEMBALI MENANGIS ,GUNUNG SOPUTAN MELETUS

SULAWESI KEMBALI MENANGIS ,GUNUNG SOPUTAN MELETUS.Belum reda dari pekan kemarin SULAWESI TENGAH dari hibahan gempa dan tsunami yang menimpa kawasan SULAWESI TENGAH tepatnya di daerah PALU,dan sekarang SULAWESI UTARA mengalami hal yang sama yaitu meletusnya Gunung SOPUTAN yang mengeluarkan laharnya.
Letusan ini terjadi tadi pagi Pukul 08.47 WITA Hari rabu tanggal 3 Oktober 2018 ,ada apakah dengan indonesia ?
Bencana ini terus menerpa masyrakat Indonesia khususnya dibagian Tengah ,kita sebagai warga negara harus mencermati dengan terus menerusnya bencana ini,apakah ini teguran dari sang pencipta supaya kita harus menjaga dan jangan mencemari alam ini?

Petugas PVMBG mencatat dan mengamati dari jarak 4.000 m dari bibir gunung tersebut atau 5.089 meter dari permukaan laut.
Dan hujan abu vulkanik sampai pada daerah daerah barat sekitaran laut Gunung Soputan .Sejauh ini tidak menggangu kegiatan yang ada disana diantarnya proses penerbangan yang berada dibandara Sam Ratulangi dikota Manado yang berada di sebelah tenggara Gunung Soputan

Menurut kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) sulut Sutopo, Sudah membagikan masker,namun masyrakat yang berada disana belum masih diungsikan karena masih diposisi aman.
Dihimbaukan warga dan masyrakat yang berada disana jangan melakukan aktivitas di jarak radius 4KM,dan kebetulannya diradius sperti itu tidak ada pemukiman.

Meski dengan itu masyrakat harus tetap waspada dan menjaga keselamatan karena erupsi Gunung Soputan ketika material letusan terbawa oleh air.
Disekitaran Lereng Gunung Soputan seperti Sungai Ranowangko yang dilewati oleh aliran air yang dibawa dari Gunung Soputan tersesut,
BPBD sendiri menyarankan meski aman masyrakat yang berada disana tetap harus waspada karna status gunung soputan berada di siaga III dan tetap harus waspada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.