Salah Mulai Kikis Islamophobia Di Inggris


1041

Mohammad Salah, bintang sepak bola dari klub kota pelabuhan Inggris, Liverpool, baru saja memenangkan piala Champions 2019. Hal itu terjadi setelah timnya berhasil mengakhiri perlawanan tim asal London, Spurs, dengan skor menyakinkan 2-0. Satu goal Liverpool berasal dari penalti yang ia sukses eksekusi.

Penampilan apiknya bersama Liverpool, membuat banyak fans takjub. Bahkan banyak dari fans tersebut, mulai menghormati segala sesuatu yang berkaitan dengan Salah. Salah satunya adalah agama sang bintang, yakni islam. Aura positif berhasil Salah keluarkan untuk perkembangan agama islam di negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Dari penelitian yang di lakukan oleh Universitas Stanford, menyebutkan bahwa Salah berdampak terhadap menurunnya islamophobia di Liverpool sebanyak 18.9 persen. Banyak hal yang menjadikan Salah menjadi primadona warga Liverpool. Salah satunya adalah ia berhasil menjadi top skorer Liga Inggris dan pemain terbaik, di tahun pertamanya bersama Liverpool. Tidak hanya itu, ia juga berhasil membawa timnya menuju final Liga Champions 2018, sebelum dikalahkan oleh Real Madrid

Di tahun kedua, ia sukses mempertahankan gelar top skorer bersama rekannya Sadio Mane, yang juga beragama islam. Terbaru, ia juga berhasil mengakhiri puasa gelar Liverpool setelah juara Liga Champions 2019, di Madrid.

Tidak hanya kemampuannya mengelola si kulit bundar, pria Mesir tersebut dinilai memiliki kharismatik dan kemampuan untuk membantu umat islam agar mendapatkan pengakuan di Inggris. Sekitar 15 juta cuitan dari akun Twitter oleh penggemar klub papan atas (Liga Inggris), peneliti mengungkapkan, tingkat islamophobia para penggemar menurun setengahnya. Dari yang awalnya 7,2 persen menjadi 3,4 persen.

***

Meskipun baru saja menerima perlakukan tidak enak dari oknum penggemar anti islam, Salah tetap kukuh mempertebal keimanannya baik di dalam lapangan dan di luar lapangan. Ia juga di kenang sebagai seseorang dengan selebrasi khas, yakni sujud syukur kepada Allah.

Direktur Organisasi Perlindungan Muslim di Inggris, Tell MAMA, Imam Atta mengatakan, bahwa Salah, bisa menjadi salah satu representasi pesepakbola muslim yang pantas di kagumi…

Semua emosi positif ini meruntuhkan penghalang dan memastikan bahwa beberapa (penggemar) melihat muslim secara positif dan ini pada gilirannya mengurangi permusuhan dan menantang stereotip dan kebencian terhadap muslim”, Atta, dikutip dari Liverpool Echo

Yaps, kita berharap sebagai sesama muslim, bahwa kedepannya Salah mampu mengurangi lebih banyak lagi Islamophobia di tanah Inggris.


Like it? Share with your friends!

1041

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *