Resep Roti Manis Enak Dan Sederhana

kali ini saya akan membagikan resep roti manis buat para bunda di rumah, buat yang lagi bingung bikin olahan buat cemilan nya atau hidangan buat acara bunda, jadi saya bakal ngasih resep roti manis ini semoga dapat jadi inspirasi buat bunda ya, dan juga bisa buat tambahan resep bagi bunda di rumah yang senang memasak, bunda hanya perlu bahan bahan sebagai berikut:

Roti Manis Enak Dan Sederhana

Bahan-bahan membuat roti manis :

  • 130 gram terigu protein tinggi atau terigu segitiga jangan lupa di ayak terlebih dahulu
  • 30 gram gula pasir atau gula halus jangan lupa diayak terlebih dahulu
  • 2 gram ragi instant
  • 1 butir kuning telur
  • 70 ml susu cair
  • 20 gram margarin atau mentega
  • 1 sendok teh garam

Untuk bahan Olesan :

  • 1/2 butir kuning telu

Untuk bahan Taburan :

  • 1/2 sendok makan wijen sangrai

setelah semua bahan-bahan terkumpul tinggal kita melangkah ke cara pembuatannya, namun sebelum bunda membuat roti manis ini jangan lupa persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan di gunakan supaya nanti nya tidak berabe saat membuat roti manis nya dan jangan lupa jaga keselamatan saat memasak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. berikut langkah pembuatan roti manisnya.

Langkah-langkah membuat roti manis :

  1. Pasanglah hook demgan alur yang searah. Tujuannya supaya adonan tidak menggulung ke atas saat dimikser. Jadi mikser tidak terlalu berat kerjanya sehingga hasil adonan nya tercampur dengan merata.
  2. campurkan terigu yang telah diayak,ragi,gula pasir/halus dan kuning telur, lalu jangan lupa tambahkan susu cair secukupnya sesuai selera, setelah itu uleni dengan mixer sampai agak kalis.
  3. Tambahkan margarin dan garam,lalu uleni kembali sampai kalis. Sambil sesekali mixser dimatikan jika mesinnya sudah mulai terasa panas,jangan lupa taburi adonan dengan sedikit terigu sedikit demi sedikit,kemudian bantu uleni dengan tangan
  4. Diamkan adonan sampai mengembang 2x lipat. Bantu proses proofing bisa dengan cara memasukkan panci berisi air mendidih di dasar oven. Letakkan bowl berisi adonan di rak atasnya.tunggu hinggs 45 menit, kemudian adonan akan cepat naik mengembangnya, jadi tidak akan lama menunggu adonan mengembang.
  5. selanjutnya bagi-bagi adonan menjadi 10 bagian.setelah itu bulatkan, agar lebih nikmat boleh ditambahkan isian sesuai selera
  6. Tempatkan adonan di dalam loyang mini muffin yang sebelumnya sudah dioles tipis margarin atau mentega, lalu olesi dengan kuning telur di bagian atas adonan, jangan lupa taburi dengan wijen sangrai.Setelah itu oven pada suhu 185C selama kurang lebih 15-20 menit.
  7. setelah adonan dirasa sudah matang jangan lupa selagi masih panas olesi kembali dengan margarin atau mentega.
  8. roti manisnya pun siap di hidangkan dan di nikmati.
  9. selamat mencoba di rumah ya bund

Nah itulah yang bisa admin bagikan mengenai resep roti manis smoga bermanfaat dan selamat mencobanya.

jangan lupa like fans page facebook dan share ke yang lainya ya 🙂