Resep Colenak Aneka Rasa Enak dan Sederhana

Colenak Aneka Rasa – Buat yang abis jalan jalan nih dari bandung , terus kebanyakan beli tape buat oleh-oleh , bunda gak perlu hawatir mau di apakan sisa nya , soalnya tape kalo di simpen lama-lama malah jadi nya bau dan busuk , dari pada harus di buang atau bingung mau di kemanain mending di bikin makanan sederhana aja ya bun , selain lebih berparyasi juga lebih banyak di minati, bunda bisa bikin tape tersebut jadi colenak aneka rasa , cocok deh buat cemilan selain gak susah bahan colenak aneka rasa nya pun gak ribet . ini dia bahan nya ya bund.

Resep Colenak Aneka Rasa Enak dan Sederhana

Resep By : Frielingga sit

Bahan-bahan colenak : 

  • 600 gram tape singkong matang yang masih bagus
  • 100 gram kelapa muda, yang telah dinparut halus
  • 175 gram gula jawa, disisir atau di iris tipis
  • 200 ml air bersih dan matang
  • 2 lembar daun pandan atau sesuai selera bunda di rumah
  • 1/4 sendok teh garamatau secukupnya
  • 1 sendok makan margarin atau mentega

nah setelah semua bahan terkumpul yah bund , tinggal kita ke tahap pembuatan nya, selain mudah dan peraktis pembuatan nya pun gak makan waktu lamah , ga usah berlama lama lagi kita langsung aja ke cara pembuatan colenak aneka rasanya ya bund .

Langkah-Langkah Pembuatan Resep Colenak :

  1. Ambil tape yang telah di siapkan, kemudian buang sumbunya agar mudah saat di bulatkan lalu masukan kedalam wadah dan haluskan.
  2. Lalu Bulat-bulat kan tape sesuai selera bunda mau bulatan kecil atau bulatan besar.
  3. Panggang tape di wajan anti lengket sampai agak kecoklatan atau sampai tape terlihat matang hati hati gosong ya bund, jangan lupa sesekali sambil dioles margarin biar ga lengket , kemudian sisihkan.
  4. Campur air beraih , gula merah yang telah disisir  dan pandan kedalam wadah, lalu  aduk hingga merata.
  5. Masak adonan gula tersebut sampai matang , kemudian angkat dan dinginkan .
  6. Kukus parutan kelapa dan garam tadi sampai benar benar matang lalu sisihkan
  7. Setelah adonan tape , saus gula merah dan parutan kelapa nyah matang bunda tinggal siapkan aja di piting saji kemudian jangan lupa beri sedikit parutan dan tuangkan saus gula merah nya.
  8. Colenak pun siap disantap bersama keluarganya
  9. Selesai Selamat Mencoba

Nah itulah yang bisa admin sampaikan mengenai resep colenak yang bisa bunda coba dirumah .

Jangan lupa like fanspage dan share ke yang lainya ya 🙂 Trimakasih !

Comments are closed.