Resep Chiffon Pandan Enak dan Sederhana Terbaru

Chiffon Pandan, Pernah terbayang chiffon cake vs sponge cake mana yang menang? nah sempat juga admin mencari resep chiffon cake pandan lembut dan juga banyak yang admin cari untuk memuaskan rasa penasaran terhadap cake pandan yang yang menurut admin sih unik rasanya.

Resep dasar chiffon cake memang terbilang sederhana dan tidak terlalu waw dari beberapa resep dimulai dari resep chiffon cake putih telur ,resep chiffon cake keju dan resep chiffon cake coklat.

Akan tetapi untuk post kedua dihari ini admin akan share resep Cara membuat chiffon cake pandan yang enak dan sederhana nah seperti apakah rasanya? yang jelas rasanya unik manis dan ada rasa- rasa pandan didalamnya .

Untuk bunda yang mau ikut membuat chiffon pandan ini bisa ikuti bahan apa saja dan cara pembuatan cake ini dibawah admin sudah siapkan semuanya jadi simak baik baik ya !

Baca Juga :

Cara Membuat Chiffon Pandan Enak

Resep Chiffon Pandan Enak dan Sederhana Terbaru
Chiffon Pandan

Bahan Chiffon Pandan :

  • 180 gram tepung terigu
  • 20 gram susu bubuk
  • 5 buah kuning telur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 100 cc minyak sayur
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 125 cc campuran dari santan kental ditambah perasan daun pandan suji harus kental yang diperoleh dari 30 lembar daun suji dan 5 lembar daun pandan wangi serta ditambah sedikit air
  • 7 buah putih telur
  • 250 gram gula pasir atau gula kastor

Cara Membuat Chiffon Pandan :

  1. Aduk-aduk bahan adonan seperti terigu,baking powder,soda kue,garam didalam mangkuk.
  2. Masukan kuning telur nah Jika terasa liat, masukan minyak sayur secukupnya masukan sedikit sedikit ya sambil di aduk ratasampai tidak bergerindil.
  3. Masukan air santan,pandan sedikit-sedikit saat adonan sudah tercampur rata lalu aduk-aduk lagi sampai rata jangan sampai overmix ya.
  4. Kocok-kocok putih telur hingga adonan berbusa, kemudian masukan gula pasir sedikit-sedikit sambil tetap dikocok hingga adonan terasa kaku,lalu sisihkan.
  5. Masukan sedikit putih telur lalu kocok ke adonan hijau, aduk-aduk arah berlawanan dengan menggunakan spatula oh iya jangan terlalu banyak mengaduknya dengan terlalu keras / overmix, pelan-pelan saja namun rata. Tambahkan lagi putih telur dan aduk-aduk kembali hingga kepekatan adonan yang hijau tidak jauh beda dengan adonan putih telur kocok. Saat adonan sudah pas seperti yang dijelaskan, masukan seluruh adonan hijau itu ke sisa adonan putih telur kocok, aduk-aduk sampai rata.
  6. Tuangkan adonan kedalam loyang chiffon ngga perlu diolesi margarine atau dialasi kertas roti. Letakan sisa adonan diatas loyang lain lalu dimasukan ke dalam oven.
  7. Panggang adonan dalam oven dengan suhu 160C selama 1 jam dan kemudian diteruskan dengan membesarkan suhu oven hingga 180C untuk memanggang chiffon selama 20 menit lagi.
  8. setelah waktu habis langsung keluarkan loyangnya dari oven, dan balikan loyang atau gantung di botol jika loyangnya tidak memiliki kaki.Karena lengket kuenya tidak diberi alas margarin /tepung, dan pemanggangan adonan yang lama sehingga lapisan luar chiffon kering, membalikan loyang tak akan membuat kue jatuh jadi Biarkan kue dalam loyang dengan kondisi terbalik hingga loyang dan kue benar-benar dingin.
  9. gunakan pisau, kerat sekeliling lingkaran luar loyang chiffon, dan keluarkan loyang bagian luar dengan mendorongnya dari bawah kue ke atas.
  10. kdua dengan tusuk sate, kerat lingkaran dalam chiffon,lalu kemudian kerat bagian bawah chiffon. Balikan atau angkat dengan tangan
  11. Iris kue dengan pisau yang bergerigi fungsinya agar rapi kue nya karena kue ini sangat spongy.
  12. Selesai siap disantap
Nah itulah yang bisa admin bagikan tentang resep Chiffon Pandan Enak semoga dapat difahami dan dimengerti ya bund .

Jangan lupa like fans page facebooknya agar dapat mengikuti pembaharuan setiap hari dan share juga ke yang lainya melalui tombol media sosial dibawah ataupun di awal post.

Comments are closed.