Resep Chiffon Jambu Biji Merah Sederhana Yang Enak

Chiffon Jambu Biji Merah bahas chiffon hari ini admin beralih lagi ke bahan jambu merah tadinya sih mau brownies jambu biji merah atau
bolu kukus jambu biji merah akan tetapi admin agak tertarik sama olahan jambu biji yang agak menonjol sih ya resep ini .

Chiffon ini memiliki tekstur yang rongganya rapat, tapi membal dan ringan.

Gak tahu kenapa mungkin dari bahan jelly yang ditambahkan oleh admin kali ya.

Awalnya admin memakai jelly ini karena ingin menambahkan rasa jambu tambahan pada chiffon ini selain dari daging buah jambu yang diblender.

Akhirnya admin pun kepikiran untuk memakai minuman serbuk yang memiliki rasa Jambu, ditambah lagi admin mencari-cari ide apa lagi ya yang memiliki rasa Jambu tapi bukan bahan essence ?

Baca Juga :

Karna admin ngga mau nyimpen sisa-sisa essence jambu di dapur.

Penasaran bund pengen cepet-cepet nyoba ya?

Nah bagi bunda yang udah penasaran pengen cepet-cepet nyobain resep Chiffon jambu biji ini silahkan simak baik-baik dibawah ini admin cantumkan bahan dan cara pembuatanya !

Resep Chiffon Jambu Biji Merah Sederhana Yang Enak

Resep Chiffon Jambu Biji Merah Sederhana Yang Enak
Illustration : Chiffon Jambu Biji Merah

Bahan Chiffon Jambu Biji :

  • 5 kuning telur
  • 7 putih telur
  • 225 gram gula castor
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 1 sendok teh vanilla bubuk
  • 100 cc minyak sayur
  • 100 gram daging buah jambu biji merah
  • 100 cc juice jambu kemasan
  • 1 bungkus nutri jelly rasa jambu ukuran ekonomis
  • 1 bungkus nutrisari rasa jambu biji

Hiasan :

  • parutan dari white cooking chocolate
  • white cooking chocolate yang sudah dilelehkan
  • potongan-potongan daging jambu biji

Cara membuat Chiffon Jambu Biji Merah Sederhana :

  1. Panaskan ovennya dengan menggunakan suhu 160 Celcius bersamaan dengan loyang chiffon yang kosong tanpa diolesi mentega atau dialas kertas roti yang disimpan diatas loyang tipis lain atau loyang kue kering ini dimaksudkan agar loyang panas.
  2. Blender dulu daging buah jambu yangg sudah dibuang terlebih dahulu bijinya ditambah dengan 1 sachet minuman serbuk kemasan juice jambu biji kira-kira 50 cc
  3. Aduk-aduk terigu,jelly bubuk,vanilla bubuk,baking powder,soda kue,garam sampai tercampur rata di mangkuk yang sudah disediakan sebelumnya.
  4. Lalu tambahkan jambu yang di blender dan minyak ke dalam tepung,aduk-aduk adonan hingga rata.
  5. Masukan kuning telur satu-satu sambil diaduk-aduk sampai adonan rata lakukan setiap kali kuning telur masuk ke adonan karena hal ini dimaksudkan agar adonan halus tidak bergerigil/menggumpal.
  6. Masukan sisa-sisa juice jambu sekitar 50 cc sedikit demi sedikit sambil adonanya diaduk-aduk sampai tercampur rata.
  7. Kocok-kocok putih telur hingga adonan putih telurnya berbusa, kemudian kita masukan juga gula pasir sedikit-sedikit sambil tetap dikocok-kocok sampai adonan menjadi kaku, lalu setelah kaku sisihkan.
  8. Masukan sedikit putih telur kocok kedalam adonan jambu, aduk-aduk dengan arah berlawanan gunakan spatula untuk mengaduknyajangan overmix ya pelan pelan saja yang penting rata.
  9. Tambahkan putih telur dan aduk-aduk adonan hingga kepekatan adonan jambu kentalnya tidak jauh beda dengan putih telur kocok. saat adonan mencapai kemiripan itu masukanlah seluruh adonan jambu kedalam sisa putih telur kocok,dan aduk-aduk kembali sampai rata.
  10. Tuangkan adonan dalam loyang chiffon yang sudah dipanaskan tadi jangan lupa jumlah adonan mentah yang masuk loyang harus 1/2 dari ketinggian loyangnya. karena hal ini sangat mempengaruhi hasil akhir dari kue. Chiffon yang retak atau terbelah permukaannya disebabkan oleh dua hal yaitu suhu pemanggangan yang terlalu tinggi di awal pemasakan chiffon dan yang kedua adalah kapasitas loyang yang terlalu kecil.
  11. Panggang dalam oven dengan suhu 160C kita gunakan suhu kecil karena volume ukuran chiffon akan menjadi tebal jika api terlalu besar dengan oleh karena itu jika terlalu panas chiffon akan kering luarnya dan dalamnya basah dan belum matang
  12. Panggang Chiffon selama 1 jam dan kemudian setelah 1 jam naikan suhu hingga 180C dan tetap memanggang chiffon selama 15 menit lagi.
  13. setelah selesai langsung keluarkan loyang dari oven dan balikan loyang jika bunda memakai loyang chiffon berkaki atau bisa juga dengan cara meng gantung di botol jika bunda menggunakan loyang chiffon yang tidak mempunyai kaki
  14. Dikarenakan lengket, dan pemangganganya lama sehingga lapisan luar chiffon jadi kering, membalikan loyang tak akan membuat kue jatuh Biarkan kue nya dalam loyang dengan kondisi yang terbalik hingga loyang benar-benar dingin atau kue nya dingin.
  15. Kerat sekeliling lingkar luar chiffon dengan bantuan pisau, dan keluarkan loyangnya yang bagian luar dengan cara mendorong dari bawah kue ke atas.
  16. Bisa juga meng kerat lingkar dalam chiffon ini dengan bantuan tusuk sate, kemudian kita kerat bagian bawah kue chiffon. Balik atau angkat dengan tangan.
  17. Selesai tinggal lakukang langkah menghiasi chiffon dengan White Cooking Chocolate dan potongan buah jambu biji merah
  18. Selamat mencoba.
Resep Chiffon Jambu Biji Merah Sederhana Yang Enak
Membuat chiffon
Resep Chiffon Jambu Biji Merah Sederhana Yang Enak

Nah itulah yang bisa saya bagikan malam ini bund mengenai resep chiffon jambu biji merah semoga bisa membantu bunda, selamat mencoba .

Jangan lupa like fans page facebook untuk mendapatkan update terbaru dan share ke yang lainya dengan menekan tombol social media yang disediakan di awal post dan di akhir postingan.