Polisi Garut Tilang 2.328 Pelanggar Lalu Lintas

Polisi Garut Tilang 2.328 Pelanggar Lalu Lintas.Kantor polisi Garut menindak 2,658 pelanggar lalu lintas selama operasi yang diadakan selama tiga minggu. Kapolsek Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengungkapkan, dari 2.658 pelanggaran yang dituntut, 2.328 diantaranya dijatuhi sanksi tiket.

Sementara 330 dari mereka diberi teguran. “Sebagian besar pelanggaran yang dilakukan adalah yang menyangkut keselamatan pengemudi, mulai dari sabuk pengaman, helm hingga mengemudi tiga,” katanya.

Selain itu, pelanggaran yang dilakukan juga terkait dengan korespondensi kendaraan yang tidak lengkap, termasuk dua mobil dinas milik Pemerintah Kabupaten Garut dan satu mobil dinas milik Provinsi Jawa Barat. “Mobil dinas dari provinsi ini membantu sekolah kejuruan untuk bahan praktis, itu harus dibongkar untuk dipelajari, jadi tidak ada pelat nomor, ini malah dipasang dengan pelat nomor merah dan digunakan,” jelas Budi.

Sementara itu, satu unit kendaraan dinas milik Pemda Kabupaten Garut diamankan karena pengguna tidak bisa menunjukkan dokumen kendaraan yang digunakan. “Sampai sekarang tidak ada yang datang untuk menunjukkan kertas-kertas itu, jadi kami pegang itu,” jelasnya. Sementara itu, untuk ratusan knalpot berisik yang diamankan dalam operasi, menurut kepala polisi, mereka akan dihancurkan.

Jumlah pelanggaran yang terjadi, menurut Budi, tidak terlalu banyak dibandingkan sebelumnya. Dia juga terus mempromosikan secara agresif keselamatan berkendara kepada pengguna jalan dan sekolah untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas. “Serangan ini juga bagian dari mempersempit ruang bagi para pelaku pencurian kendaraan bermotor,” katanya.

About Amir MS