Ingin Memulai Bisnis Hampir Tanpa Modal? Ketahui caranya disini !

Apakan Anda ingin memulai bisnis.? Tetapi modal tidak ada? Ketahui cara memulai bisnis yang hampir tidak menggunakan uang sama sekali.

Mungkin sekarang Anda punya ide, atau tergiur ingin membangun bisnis dan menjalankan perusahaan anda sendiri.

Andapun bersedia mengambil resiko, dengan meninggalkan pekerjaan anda sekarang sementara waktu demi membangun bisnis anda sendiri.

Tetapi dibalik niat anda tersebut ada satu rintangan yang membuat beban dan menjadi pikiran anda untuk memulai bisnis yaitu anda tidak mempunyai modal banyak.

Dari luar pandangan kita memang tampak seperti masalah yang besar untuk anda, akan tetapi kurangnya modal seharusnya tidak menghentikan anda untuk mengejar impian anda tuk jadi pembisnis.

Sebenarnya bahkan anda sendiri bisa memulai bisnis tanpa menggunakan modal atau uang sedikitpun apabila anda tau caranya, dan apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi hal itu.

Mengapa bisnis itu membutuhkan uang ?

Pertama, mari kita lihat mengapa bisnis membutuhkan uang sejak awal. Tidak ada uang/modal “Permulaan” yang seragam untuk membangun bisnis, sehingga bisnis yang berbeda akan memiliki kebutuhan modal/uang yang berbeda.

Penting untuk anda terlebih dahulu memperkirakan berapa modal/uang yang Anda perlukan sebelum Anda mulai menemukan metode alternatif untuk mendanai perusahaan Anda.

Ingin Memulai Bisnis Hampir Tanpa Modal? Ketahui caranya disini !

Source: Google.com

Pertimbangkan penggunaan berikut:

  • Surat izin. Tergantung pada wilayah yang anda gunakan, Anda mungkin perlu dokumen dan surat khusus agar perusahaan bisa beroperasi.
  • Persediaan. Apakah Anda membeli bahan-bahan mentah? Apakah Anda memerlukan komputer / atau perangkat lain?
  • Peralatan. Apakah Anda memerlukan mesin atau perangkat lunak khusus?
  • Ruang kantor. Ini adalah pengeluaran besar, dan Anda tidak dapat mengabaikan hal-hal seperti Internet, biaya utilitas, layanan kebersihan dan tugas-tugas kantor, seperti penggajian dan pembuatan faktur.
  • Asosiasi, langganan, keanggotaan. Publikasi dan afiliasi apa yang akan Anda subsribusikan setiap bulan?
  • Biaya operasional. Gali celah dan celah di sini, dan jangan lupakan juga tentang pemasaran.
  • Biaya hukum. Apakah Anda berkonsultasi dengan pengacara selama proses pengembangan bisnis Anda?
  • Karyawan, freelancer dan kontraktor. Jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri, Anda akan membutuhkan orang-orang dalam daftar gaji Anda.

Dengan demikian, Anda memiliki dua jalur dalam memulai bisnis dengan lebih sedikit uang: menurunkan biaya Anda atau meningkatkan modal yang tersedia dari sumber lain di luaran.

Anda memiliki tiga pilihan di sini:

1. Kurangi kebutuhan Bisnis Anda

Pilihan pertama Anda adalah mengubah sketsa model bisnis Anda untuk menuntut lebih sedikit kebutuhan seperti yang tercantum di atas.

Misal, jika Anda berencana memulai sebuah perusahaan sebagai konsultan atau freelancer, Anda dapat mengurangi biaya “karyawan” Anda dengan menjadi satu-satunya karyawan di awal mula memulai bisnis.

Kecuali Anda membutuhkan ruang kantor, Anda dapat bekerja dari rumah.

Anda bahkan dapat mengerjakan pekerjaan rumah Anda untuk mencari sumber persediaan yang lebih murah, atau memotong seluruh inti produk yang terlalu mahal untuk diproduksi di awal.

Namun ada beberapa biaya yang tidak dapat Anda hindari.

Lisensi dan biaya ijin hukum akan membuat Anda kembali bahkan jika Anda mengurangi semua yang lain.

Menurut SBA, banyak bisnis mikro dimulai dengan kurang dari $3.000 (Rp.45.571.650),

dan laba bisnis berbasis rumahan dapat dimulai hanya dengan $1.000 (Rp.15.190.550).

2. Memulai bisnis Pemanasan

Pilihan kedua Anda memanggil gagasan periode “pemanasan” untuk bisnis Anda.

Daripada langsung Memulai bisnis lengkap,Disini Anda akan mulai hanya dengan hal-hal dasar.

Anda dapat meluncurkan blog dan satu layanan, mengurangi ruang lingkup Anda, audiens Anda, dan keuntungan Anda, untuk mendapatkan permulaan dari bisnis Anda.

Jika Anda dapat memulai Bisnis sebagai individu/wiraswasta,

Anda akan menghindari beberapa biaya/modal awal yang besar.

Perusahaan jasa pemrosesan pembayaran, seperti Due, dapat sangat membantu ketika Anda berjuang untuk menagih dan menindaklanjuti prosesnya secara profesional.

Begitu Anda mulai merealisasikan beberapa pendapatan, Anda dapat berinvestasi dalam diri Anda sendiri, dan membangun bisnis yang Anda bayangkan Sedikit demi Sedikit, bukannya di sekaliguskan.

3. Sumber Dari Luar Untuk Memulai Bisnis (OUTSOURCE)

Pilihan ketiga Anda adalah mendapatkan pendanaan/modal bisnis dari sumber lain diluaran.

Berikut ini beberapa sumber potensial untuk Modal Usaha Anda:

  • Teman dan keluarga. Jangan mengesampingkan kemungkinan mendapatkan bantuan dari teman dan keluarga, bahkan jika Anda harus mengumpulkan modal bersama dari berbagai sumber.
  • Investor. Investor adalah orang-orang kaya yang mendukung ide bisnis di awal generasi/diawal mula pembisnis muda. Mereka biasanya berinvestasi dalam pertukaran untuk kepemilikan parsial perusahaan, yang merupakan pengorbanan yang layak dipertimbangkan.
  • Kapitalis ventura. Kapitalis ventura seperti investor, tetapi biasanya kerjasama atau organisasi cenderung mencari bisnis yang sudah ada.
  • Crowdfunding. Ini populer karena suatu alasan: dengan ide yang bagus dan kerja yang cukup, Anda dapat menarik pendanaan untuk apa pun.
  • Hibah dan pinjaman pemerintah. Small Business Administration (dan sejumlah lembaga pemerintah negara) yang ada hanya untuk membantu pengusaha kecil untuk tumbuh sukses. Banyak menawarkan pinjaman dan hibah untuk membantu Anda memulai bisnis.
  • Pinjaman bank. Anda dapat kredit dengan bank jika kredit Anda dalam keadaan baik.

Dengan satu atau lebih dari tiga pilihan ini, Anda dapat mengurangi investasi keuangan pribadi Anda hampir tanpa Modal / uang sedikit pun.

Anda mungkin harus membuat pengorbanan lain, seperti memulai usaha kecil, mengakomodasikan pasangan atau mengambil hutang, tetapi jika Anda percaya pada ide bisnis Anda,

tidak satu pun dari kerugian/pengorbanan anda ini yang menghalangi Anda untuk berbisnis.

Modal adalah rintangan utama untuk diatasi, tetapi jangan salah – itu bisa diatasi asal anda bisa melalui jalan yang baik.