Resep Cara Membuat Chocolate Lemon Chiffon Cake Sederhana

Chocolate Lemon Chiffon Cake masih bersama admin yang sama dan membagikan resep cake lagi ya bund kali ini yang akan kita bahas adalah resep Chocolate Lemon Chiffon Cake sederhana nah apa sih kelebihan resep cake yang admin bagikan kali ini ?

Kelebihan resep chocolate chiffon cake yang admin bagikan ini komposisi bubuk coklatnya banyak sekali,intinya kita bisa nyoklat abis, dan teksturnya sangat spongy and moist.

Admin sudah beberapa kali memakai resep yang sama baik resep tersebut sebagai hidangan pemeran utama tanpa figuran, ataupun dengan menghadirkan figuran chocolate ditambah lemon, choco,lemon,dan pandan, atau choco saja Di semua peluang bagus admin mencobanya, dan adminpun memutuskan bahwa komposisi resepnya yang cenderung tidak sedikit menggunakan telur dan cairan dikomparasikan resep chiffon yang beda-beda yang pernah admin coba menciptakan kue nah titik kritisnya pada masa-masa memanggangnya.

Memakan waktu lebih lama untuk menciptakan seluruh permukaan kue jadi kering.

Jika tingkat kematangan saja yang menjadi pertimbangan, sebelum sisi dari cake ini kering benar, maka saat formalitas membalik loyang ketika cake telah matang, maka cake rentan terlepas dengan sendirinya.
Hal ini disebabkan oleh cake yang moist tadi, karena berisi cairan yang lumayan banyak.

Baca juga :

Karena admin tidak menggunakan pasta sebagai perasanya, tapi murni bubuk coklat dan kulit lemon, maka admin membuat adonan secara bersamaan di mangkuk yang berbeda.

Tetapi supaya tidak terlalu menghabiskan tempat, admin hanya menggunakan satu mangkuk mixer untuk putih telur. Sekali kocok untuk satu rasa adonan. Dan mengocok di tempat yang sama putih telur untuk adonan yang lain.

Gula, selalu admin campur kesemuanya dengan putih telur kocok dengan gradual, dan mematikan mixer saat sampai di soft peak. Pastikan adonan putih telur pada tahap soft peak, saat “kekentalan” putih telur kocok mirip dengan kekentalan adonan terigu+kuning telur+cairan.

Karena admin disini tidak memakai pasta sebagai perasanya, namun murni bubuk coklat dan kulit lemon, maka admin menciptakan adonan secara bersamaan di mangkuk yang berbeda.

Tetapi agar tidak terlalu menguras (jahat wadah) tempat, admin menggunakan satu mangkuk mixer tuk putih telur. Sekali kocok satu rasa adonan.

Dan mengocok ditempat yang sama putih telur tuk adonan yang lain.

Gula, tidak jarang skali admin campur semuanya dengan putih telur kocok dengan gradual, dan matikan mixer ketika adonan sampai di soft peak.

Pastikan adonan putih telur pada tahapan soft peak, ketika “kekentalan” putih telur kocok ini sudah mirip dengan kekentalan adonan terigu, kuning telur dan cairan.

sepertinya admin terlalu banyak berbicara ya bund maafkan yah hehehe .

Oke bagi bunda yang udah gasabar mau praktekin resepnya admin lampirkan dibawah ini simak baik-baik bahan apa saja dan cara membuat Chocolate Lemon Chiffon Cake nya !

Resep Cara Membuat Chocolate Lemon Chiffon Cake

resep chiffon cake pandan ncc dipadukan resep chiffon cake coklat tak kalah lezat dibandingkan dengan resep chiffon cake keju
chiffon cake

Bahan Chocolate :

  • 25 gram coklat bubuk
  • 85 ml air panas
  • sejimpit garam
  • 85 gram terigu, ayak
  • 175 gula kastor
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 40 ml minyak goreng
  • 200 gram putih telur (dari 6 telur ukuran besar)
  • 5 kuning telur
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk

Bahan Lemon :

  • 3 kuning telur
  • 100 gram terigu
  • kulit lemon parut dari 2 buah lemon
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • 50 ml minyak sayur
  • 60 cc air (termasuk 2 sendok makan air jeruk lemon)
  • 125 gram gula pasir
  • 3 putih telur.

Cara Membuat Chocolate Lemon Chiffon Cake :

  1. Panaskan oven dengan suhu 180C dan masukan loyang chiffon untuk 10 telur ini di dalam oven sambil kita persiapkan adonan
  2. Campurkan semua bahan keringnya kecuali gula pasir, bahan untuk chocolate dan bahan untuk lemon dipisahkan didalam dua mangkuk terpisah
  3. Masukan putih telur lalu kocok dan masukan resep adonan masing-masing seperti chocolate dan lemon di mangkuk dan adonan cair lainnya sedikit-sedikit sambil diaduk-aduk. Aduk hingga adonan licin halus dan tak bergerindil.
  4. Kocok-kocok putih telurnya dan masukan gula pasir sedikit-sedikit hingga adonan soft peak untuk adonan lemon, dan masukan ke adonan lemon.
  5. Ulangi langkah 4 untuk adonan chocolatenya.
  6. Keluarkan loyang yang sudah panas dari oven, dan tuangkan adonan lemon dan adonan chocolate secara bergantian, aduk perlahan beberapa kali putaran secara naik turun.
  7. Turunkan suhu sampai 160C lalu panggang selama 1 jam setelah itu, kemudian naikan suhu oven 180C dan panggang kembali 20 menit hingga permukaan cake kering seluruhnya.
  8. Setelah itu Keluarkan dari oven dan dinginkan cake dalam posisi terbalik
  9. Keluarkan cake dari cetakan jika sudah dingin.
  10. Selesai

Baca juga :

Nah itulah yang admin sampaikan mengenai resep cara membuat Chocolate Lemon Chiffon Cake sederhana semoga mudah difahami dan dimengerti ya bund.

Jangan lupa like fans page facebook untuk mendapatkan update setiap harinya dan juga share ke yang lain melalui tombol social media dibawah dan diawal post ya !

Jika bunda puas akan resep ini silahkan berikan rating bintang dibawah ini !

Comments are closed.