5 Makanan untuk Menjaga Mata agar Tetap Sehat

5 Makanan untuk Menjaga Mata agar Tetap Sehat – Mata adalah aset penting dalam tubuh kita, karena hampir semua kegiatan yang kita lakukan berhubungan dengan indra penglihatan ini. So, sangat penting untuk menjaga kesehatannya agar tidak menganggu aktivitas, serta senantiasa optimal sampai kita tua.

Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengurangi aktivitas di depan layar. Seperti yang kita tahu, zaman sekarang itu manusia tak pernah lepas dari yang namanya layar, mau itu layar smartphone, maupun layar laptop atau komputer.

Makanya kalau kita perhatikan belakangan ini anak-anak kecil sudah banyak yang memakai kacamata. Karena memang mungkin sudah dibiasakan bersahabat dengan layar sejak usia dini.

Selain mengurangi aktivitas di depan layar, cara lain yang juga bisa menjaga mata agar tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang dapat menjaga kesehatan mata.

Pada kesempatan kali ini Tasik Hits News akan mengulas tentang beberapa makanan untuk menjaga mata agar tetap sehat. Baca sampai habis ya guys!

Daftar Makanan yang Berkhasiat untuk Kesehatan Mata

Di bawah ini adalah daftar makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga mata agar tetap sehat. Berikut daftarnya:

1. Kacang Almond dan Biji Bunga Matahari

kacang almond makanan untuk mata
Kacang Almond mengandung Vitamin E yang bagus untuk kesehatan mata.

Biji bunga matahari serta kacang almond mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Pada sebuah penelitian besar menyimpulkan bahwa vitamin E dapat memperlambat degenerasi makula terkait usia atau age-related macular degeneration (AMD) yang dapat memperburuk fungsi penglihatan kita.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mengkonsumsi setidaknya 1 ons biji-bijian untuk memenuhi setengah dari kebutuhan harian vitamin E yang dianjurkan United State Department of Agricultural (USDA).

Selain itu, dengan mengonsumsi biji bunga matahari dan kacang almond juga bisa mengurangi resiko mata terkena katarak. Beberapa biji-bijian yang mengandung vitamin E lainnya seperti hazelnut, kacang polong, bahkan selai kacang.

2. Sayur Bayam

Sayur bayam makanan untuk mata sehat
Bayam mengandung lutein, antioksidan serta zeaxanthin. Kandungan penting untuk menjaga kesehatan mata.

Makanan untuk mata yang sehat selanjutnya adalah sayur bayam. Kalau Anda mau kuat kaya popeye, makanlah bayam. Ternyata ungkapan itu ada benarnya juga, karena sebenarnya bayam memang mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh secara keseluruhan, termasuk mata kita. Jadi tak heran kalau orang yang suka makan bayam tubuhnya akan lebih kuat dan sehat.

Dalam sayur bayam, terkandung lutein, antioksidan serta zeaxanthin yang dapat mencegah katarak dan age-related macular degeneration (AMD) yang kerap kali menyerang orang tua, hampir sama seperti manfaat kacang almond dan biji bunga matahari.

Menurut USDA, dalam semangkuk bayam segar (225 gram) mengandung 13,3 miligram lutein, 5,9 gram zeaxanthin, dan 12,6 miligram kombinasi zeaxanthin dan lutein.

Pada retina, lensa maupun bagian makula, ditemukan banyak zeaxanthin dan lutein. Itu sebabnya sangat dianjurkan konsumsi kedua zat tersebut untuk menjaga mata agar tetap sehat. Kedua zat tersebut banyak ditemukan pada sayur bayam.

3. Pepaya

pepaya - makanan untuk mata
Pepaya mengandung Vitamin A dan Flavanoid yang mampu mencegah peradangan mata.

Makanan yang baik untuk mata selanjutnya adalah pepaya. Buah yang satu ini adalah buah yang umum kita jumpai dimanapun. Karena selain harganya murah, buah ini juga enak rasanya, sehingga disukai oleh banyak orang.

Dibalik itu semua, ternyata pepaya menyimpan segudang manfaat kesehatan, salah satunya untuk menjaga kesehatan mata. Dalam pepaya terkandung vitamin A dan flavonoid yang terbukti mampu mencegah peradangan mata, serta melindungi dari kerusakan selaput lendir.

Selain itu, pepaya juga mengandung karotenoid, lutein serta zeaxanthin yang bagus untuk mencegah mata katarak, glukoma, maupun penyakit mata lainnya.

Yang tak kalah penting adalah kandungan beta karoten yang terdapat pada pepaya. Beta karoten akan dikonversikan menjadi vitamin A, dimana itu bagus untuk kesehatan mata secara keseluruhan.

4. Ikan Salmon

ikan salmon makanan untuk mata
Omega-3 yang terdapat pada ikan salmon dapat mencegah Age-related Macular Diesase.

Ikan salmon adalah makanan yang lezat dan kaya manfaat kesehatan, termasuk untuk mata. Dalam ikan ini terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang bagus untuk kesehatan retina dan kornea mata. Fungsi dari omega-3 pada ikan salmon ini juga bisa menjaga mata agar tidak berkerak dan kering, dengan cara melembabkannya sepanjang hari.

Dalam studi yang dilakukan oleh Johns Hopkins School of Medicine di Maryland (AS), menyimpulkan bahwa kandungan omega-3 bermanfaat untuk mencegah Age-related Macular Diesase (AMD).

Selain omega-3, dalam ikan salmon juga terdapat kandungan vitamin A, yang sudah terbukti dapat menjaga kesehatan mata.

5. Wortel

wortel makanan untuk mata
Wortel adalah sayuran yang paling populer untuk menjaga kesehatan mata.

Tak lengkap rasanya daftar makanan untuk mata sehat tanpa sayuran yang satu ini. Wortel sejak dulu dikenal karena khasiatnya untuk menjaga kesehatan mata, karena sayuran oranye ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi dalam bentuk beta karoten.

Vitamin A dapat membantu mengkonversi cahaya yang datang ke mata menjadi sinyal yang kemudian diteruskan ke otak. Hal tersebut yang menyebabkan kita dapat melihat pada kondisi cahaya rendah. Itu sebabnya asupan vitamin A yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

Agar mendapatkan manfaat wortel untuk kesehatan mata, bisa dikonsumsi dengan cara dibuat sayur, dijadikan acar, atau lebih baik lagi dibuat jus.

Well, gimana guys? Sekarang sudah tau kan apa saja makanan untuk mata agar tetap sehat dan berchaya? Jadi mulai sekarang jangan lupa konsumsi kelima makanan di atas ya, agar mata Anda tetap sehat sampai tua!

Baca juga: