6 Makanan Ini Bisa Jadi Obat Flu yang Ampuh Lho!

6 Makanan Ini Bisa Jadi Obat Flu yang Ampuh Lho! – Flu adalah penyakit yang umum dialami oleh masyarakat kita. Memang penyakit menular ini bukanlah jenis penyakit berat, tetapi beberapa jenis flu bisa sangat berbahaya dan mematikan, seperti Flu Burung (H5N1). Selain itu, jika kita terserang flu, pastinya akan mengganggu segala aktivitas kita.

Penularan penyakit flu ini bisa terjadi dengan sangat cepat, apalagi jika kita terlalu berdekatan dengan penderita influenza. Penyakit ini bisa ditularkan lewat udara melalui batuk dan bersin.

Oleh karena itu, agar kita tak mudah terserang penyakit menular ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah mengonsumsi makanan tertentu yang bisa menjaga sistem imun tubuh.

Nah, berbicara soal makanan, berikut ini ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah dan menjadi obat penyakit flu yang ampuh, diantaranya adalah:

obat flu

Kismis Hitam

Kismis hitam kaya akan kandungan vitamin C, bahkan lebih tinggi daripada jeruk. Kismis ini mengandung sekitar tiga kali asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Saat musim flu tiba, atau ada orang dekat disekitar kita yang terkena flu, ada baiknya untuk mengonsumsi banyak vitamin C untuk membantu mencegah infeksi dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap prima. Salah satu makanan yang baik untuk Anda konsumsi adalah kismis hitam ini.

Jus Jeruk

Jeruk sudah terkenal dengan kandungan vitamin C nya. Salah satu cara yang baik untuk mengonsumsi jeruk adalah dengan dibuat jus jeruk, dan Anda bisa meminumnya saat sarapan pagi. Hal tersebut bagus untuk menjaga kekebalan tubuh kita selama seharian beraktivitas.

Tapi, Anda harus berkonsultasi dahulu ke dokter jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, seperti anxiety (kecemasan), penyakit lambung dan lainnya. Karena beberapa obat-obatan tertentu agak intoleran terhadap jus jeruk ini, yang pada akhirnya bisa menyebabkan Anda keracunan.

Yoghurt

Yoghurt adalah minuman probiotik yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk menjaga dari ancaman penyakit flu. Kultur hidup dalam yoghurt ini memiliki efek positif pada saluran pencernaan Anda, yang dapat membantu tubuh membersihkan kuman dari dalam tubuh lebih cepat, serta efektif melawan penyakit flu.

Selain itu, yoghurt mengandung kultur aktif L. acidophilus, yang juga efektif untuk membantu tubuh melawan infeksi jamur.

Kentang

Kentang adalah salah satu sumber vitamin C yang murah dan mudah ditemui dimana-mana, serta mengandung kalium dan serat yang cukup tinggi. Kulit kentang memiliki kandungan serat yang paling banyak, sedangkan dagingnya mengandung vitamin C yang paling tinggi.

Anda bisa mengonsumsi kentang dengan cara menjadikannya sop atau panganan lain yang tidak digoreng untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal.

Pasta Gandum Utuh

Pasta gandum utuh juga kaya niasin, serat, dan zat besi. Karbohidrat kompleksnya merupakan bagian penting dari diet sehat yang akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda kuat. Pasta yang terbuat dari gandum utuh ini bisa Anda dapatkan di supermarket-supermarket besar.

Jahe

Teh jahe memang sangat enak diminum saat musim hujan atau cuaca dingin. Selain dapat dijadikan minuman yang dapat menghangatkan tubuh, ternyata jahe adalah bumbu dapur yang ampuh untuk mencegah flu.

Jahe mengandung zat yang bisa membuang racun dalam tubuh Anda, sehingga bisa menjadi obat flu dan batuk yang ampuh. Selain baik untuk mencegah flu, jahe juga bisa menghangatkan perut dan meredakan mual.

Baca Juga : Cara atasi Radiasi dari Hp

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah dan menjadi obat flu Anda. Semoga dapat menambah wawasan Anda!