Donald Trump:Saya Segera Bertemu Ki Jong-un Lagi

Donald Trump:Saya Segera Bertemu Ki Jong-un Lagi.Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa dirinya mengharapkan pertemuan kedua dengan pemimpin Koreo Utara Kim Jong-un”segera” tanpa menyebut rincian waktu dan tempat.

Dalam pertemuan bilateral denga presiden Koreo Selatan Moon jaei-in di sela-sela Sidang majelis UmumPBB di New York pekan ini 26 september 2018,trump mngatakan bahwa Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan membuat pengaturan untuk pertemuan kedua dengan Kim”dalam waktu dekat” demikian seperti dikutip outlet surat kabar Inggris The Independet,Jumat(28/9/2018).

“Kim Jong-un benar-benar sangat terbuka dan hebat ,terus terang .Saya pikir ,dia ingin melihat sesuatu terjadi tambah Donald Trump.

Mike Pompeo juga mengafirmasi hal tersebut dalam unggahnnya di Twitter ,usai bertemu dengan menteri luar negeri Korea Utara Ri Yong-ho pada sela sela Sidang majelis Umum PBB di New York.

Dalam unggahan tersebut .Pompeo menjelaskan bahwa dirinya diundang oleh Korea Utara untuk pertemuan keempat dengan Kim Jong -undi Pyongyang ,Kesempatan itu,kata pompeo,akan dimanfaatkan untuk membicarakan kelanjutan KTT Trump – Kim di Simgapoure pada juni 2018 ,denuklarisasi , dan rencana tatatp muka jilid dua antara Donald Trump dan Kim Jong-un.

TRUMP TERIMA SURAT TERBARU DARI KIM JONG-UN

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa dirinya telah menerima surat pribadi ‘terbaru’ dari pemimpin Korea Utara Kim-Jong un.

Hal itu ia utarakan saat konferensi pers bersama dengan perdana Menteri Jepang Shinzo  Abe usai keduanya melaksankanpertemuan bilateral di sela Sidang majelis Umum PBB di New York pekan ini,26 September 2018.

Mendeskripsikan surat terbaru dari Kim Jong -un ,Trump menyebutnya sebagai “karya seni yang indah” demikian seperti dikutip dari outlet surat kabar inggris The Telegraph kamis 27 september 2018.

Tenggat Waktu Denuklirisasi Mundur

Tampak terkesima dengan surat yang ia terima dari Kim Jong-un,lewat sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan ,Trump mengumumkan ,kini pemerintah AS memberikan kelonggaran tenggat waktu denuklirisasi yang harus dipenuhi oleh Korea Utara.

Ini menandai pergeseran sikap dari sang presiden AS <setelah sebelumnya ,ia amat mendesak Kim Jong-un untuk segera  mungkin melakukan “compelete  verifiable irrevesible denuclirization” seperi yang digemakan olehnya usai pertemuan tingkat tinggi dengan sang pemimpin Korut di Singapura pada juni 2018 lalu.

“kami tidak memainkan permainan waktu .Jika memang dibutuhkan <dua tahun ,tiga tahun,atau lima bualn,tidak masalah” kata Trump soal tenggat waktu denuklirisasi yang harus dilakukan oleh Korea Utara.

Reaksi terbaru Trump amat kontras dengan pernyataan menlu AS Mike Pompeo pekan lalu,yang menetapkan tenggat waktu denuklirasasi pada 2021– tiga tahun dari sekarang.Namun kini diketahui,oleh Pompeo sendiri pun telah menghapus tenggat waktu yang ia tetapkan sendiri,dengan mengatakan bahwa”merinci pada tanggal tertentu adalah hal yang bodoh”

Dalm konteks yang lebih luas ,pergeseran sikap ini juga mungkin dipengaruhi oleh bagaimana Trump dan Pompeo  terkesima atas hasil yang dicapai oleh Kim Jong -un dan Presiden  Korea Selatan Moon Jae-in usai melaksanakan KTT di Pyongyang beberapa pekan lalu.Keduanya menekankan  sejumlah poin kesepakan ,dengan salah satunya adalah komitmen Korea utara untuk membongkar fasilitas uju coba nuklirnya yang berlokasi di Yongbyon.

Melanjutkan rincian pandanganya terhadap Korea Utara dan Kim Jong-un usai menerima surat terbaru itu,Donald Trump mengatakn “Dia (KIM) saya suka (Trump),saya juga menyukainya .Kami akur”Ujarnya di dsamping PM Abe– yang dalam sidang majelis umum PBB juga mengumukan pelonggaran sikap dengan menyatakan bersedia bertemu dengan  sang pemimpin korut.

“Saya menunjukan suratnya ke Abe ,dan dia mengatakan ,surat ini merupakan sebuah terobosan ,ini luar biasa ,bersejarah ” kata trump megutip Abe .

“Dan itu memang indah dan bersejarah .Oleh karenanya ,saya pikir,kita kan membuat kesepakatan .Apakah kita akan membuat kesepakatan?Saya tidak benar-benar tahu Saya pikir kita kan melakukannya”.

Courase:Liputan 6

About Amir MS