Dampak Masuknya Budaya Asing Untuk Remaja Muda Jaman Sekarang


1061

Dampak Masuknya Budaya Asing kepada remaja muda jaman sekarang memberikan Pengaruh budaya asing yang disebabkan oleh kontak kebudayaan.

Semakin intensif hubungan (interaksi) dengan masyarakat remaja muda yang berbudaya asing, dapat menimbulkan dampak bagi budaya asli yang ada.

Secara umum dampak masuknya budaya asing untuk remaja muda jaman sekarang adalah sebagai berikut :

1. Perubahan Kebudayaan

Pengaruh kebudayaan asing melalui kontak budaya secara langsung terjadi pengaruh timbal balik atau saling mempengaruhi sehingga menimbulkan perubahan kebudayaan.

Nah yang menjadi Perubahan pada kebudayaan dan menjadi dampak masuknya budaya asing adalah perubahan yang terjadi akibat ketidaksesuaian kebudayaan yang berbeda sehingga dapat terjadi ketidakserasian dari fungsi kebudayaan dalam kehidupan nyata.

Perubahan kebudayaan ini akan terus menerus berjalan tergantung pada dinamika masyarakat remaja mudanya.

2. Pembauran Kebudayaan

Pembaruan kebudayaan antara kebudayaan masyarakat setempat (lokal) dengan kebudayaan asing dipercepat dengan adanya suatu keadaan yang sulit dihindari.

Dunia menjadi terbuka tanpa proteksi yang dikenal dengan globalisasi.

Globalisasi merupakan proses dimnana terbentuknya sistem dalam suatu organisasi dan sistem dalam komunikasi antara masyarakat remaja muda di seluruh dunia dampak masuknya budaya asing untuk remaja muda jaman sekarang ini terjadi mengikuti sistem dan kaidah yang sama.

Menurut Michael Haralambos dan Marin Holbon, globalisasi yang menjadi dampak masuknya budaya asing merupakan suatu proses dimana dalamnya terdapat batas-batas negara yang luluh dan tidak penting lagi dalam kehidupan sosial.

3. Modernisasi

Dampak masuknya budaya asing untuk remaja muda menurut Koentjaraningrat, modernisasi yang menjadi dampak masuknya budaya asing merupakan usaha untuk hidup sesuai dengan zaman yang maju dan konstelasi yang terjadi di dunia.

modernisasi adalah dampak masuknya budaya asing yang menjadi proses perubahan didalam masyarakat, kebudayaan dari masyarakat remaja muda, masuknya kebudayaan asing membuat kebudayaan tradisional ke masyarakat remaja muda dan kebudayaan modern di dalam seluruh aspeknya.

Modernisasi yang menjadi dampak masuknya budaya asing juga bisa bersumber pada negara-negara Asing (Amerika, Eropa).

Dengan masuknya budaya asing menimbulkan modernisasi yang menghasilkan munculnya masyarakat modern yang lebih mengacu pada pandangan hidup, sikap, dan tindakan.

4. Keguncangan Budaya (Culture Shock)

Keguncangan budaya adalah guncangan jiwa atau mental masyarakat karena belum adanya kesiapan menerima kebudayaan asing yang datang secara tiba-tiba. Masyarakat yang terdiri atas beberapa ras, suku, bangsa, agama, ideologi, pekerjaan, dan latar belakang budaya akan memudahkan timbulnya pertentangan dan guncangan-guncangan sosial. Suasana yang demikian akan mendorong lahirnya perubahan-perubahan sosial.

5. Penetrasi Budaya

Dalam penetrasi, pengaruh kebudayaan asing demikian rupa sehingga menimbulkan perubahan secara besar-besaran dalam waktu yang relatif singkat. Penetrasi kebudayaan berjalan melalui 2 cara;

Cara damai atau bersahabat
Cara kekerasan

6. Memperkaya Keberagaman Budaya Indonesia

Pengaruh kontak dengan budaya asing sangat jelas tampak pada agama yang dianut bangsa Indonesia bahkan corak kesenian dan adat istiadat yang ada di Indonesia juga diwarnai budaya asing yang masuk di Indonesia.

7. Lemahnya Nilai-Nilai Budaya Bangsa

Lemahnya nilai-nilai budaya bangsa, akibat kuatnya pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Melalui kontak langsung (unsur-unsur pariwisata) maupun tidak langsung (media cetak, elektronik, dan lain-lain). Hal ini bisa berdampak westernisasi atau gaya hidup kebarat-baratan, pergaulan bebas, dan penyalahgunaan obat-obatan.

Dampak kebudayaan asing bagi remaja muda di Indonesia dapat dicerminkan dalam perwujudan globalisasi dan modernisasi yang membawa dampak positif dan dampak negatif untuk bangsa kita.

Dampak Positif Dan Negatif dari Masuknya Budaya Asing :

a. Dampak Posistif

  1. Perubahan tata nilai dan sikap
  2. Berkembangnya Ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Tingkat kehidupan yang lebih baik

b. Dampak Negatif

  1. Pola hidup konsumtif
  2. Sikap individualistis.
  3. Gaya hidup kebarat-baratan
  4. Kesenjangan sosial

Nah itulah dampak masuknya budaya asing untuk remaja muda jaman sekarang yang bisa mimin sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya.


Like it? Share with your friends!

1061

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *