6 Cara Mengatasi Radiasi HP dan Dampaknya bagi Tubuh

6 Cara Mengatasi Radiasi HP serta Dampaknya bagi Tubuh – Saat ini, smartphone seperti tidak bisa lepas dari genggaman kita. Karena banyaknya fitur yang dapat memudahkan aktivitas kita, itu yang kadang sulit sekali menjauhkan smartphone dari hidup kita.

Memang dengan segala kemudahan akses yang ditawarkan ponsel pintar ini menguntungkan bagi kita, tetapi ada juga dampak buruk yang dapat mengintai kesehatan kita dalam jangka panjang.

Dampak Buruk Ponsel Bagi Kesehatan

Seperti yang disinggung sebelumnya, beberapa dampak buruk ponsel bisa terjadi karena radiasi yang dipancarkan oleh smartphone ini. Diantaranya adalah sbb:

  • Gampang sakit kepala
  • Dapat memicu kerusakan otak
  • Merusak ginjal
  • Menurunkan kesuburan pria
  • Memicu kanker payudara
  • Memicu katarak
  • Menimbulkan depresi
cara mengatasi radiasi hp

Cara Mengatasi Radiasi HP

Untuk menghindari dampak buruk akibat paparan radiasi seperti di atas, tentu Anda harus menjaga kontak dengan smartphone seminimal mungkin. Setidaknya mengurangi interaksi dengan ponsel pintar tersebut, atau dengan beberapa cara mengatasi radiasi pada HP / smartphone berikut ini:

1. Kurangi Penggunaan Ponsel

Yups, langkah paling sederhana untuk mencegah radiasi pada ponsel adalah dengan mengurangi waktu penggunaannya.

Kita tidak bisa sepenuhnya lepas dari efek radiasi smartphone, tapi paling tidak kita bisa menguranginya.

Cobalah untuk tidak selalu bergantung pada HP. Misalnya untuk jadwal harian, mungkin Anda bisa menggunakan buku catatan saja. Jadi, waktu kita bersentuhan dengan smartphone semakin berkurang.

2. Gunakan Pesan Teks

Pesan teks akan menghindari kita dari dampak buruk radiasi, itu karena jarak antara smartphone dan tubuh agak jauh. Sehingga paparan radiasi agak sedikit berkurang.

Bandingkan dengan menelepon, antara telinga dan smartphone bersentuhan langsung. Makanya kalau kita menggunakan telepon lama telinga bisa jadi panas. Solusinya adalah gunakan earphone atau headset untuk meminimalisir dampak radiasi.

3. Saat Tak Ada Sinyal, Hindari Ponsel!

Ketika sinyal sedang sekarat atau tak ada sinyal sama sekali, sebenarnya smartphone sedang memacarkan radiasi RF (Radio Frequency) untuk mencari sinyal. Radiasi ini lebih besar karena smartphone terus berusaha untuk mencari sinyal.

Solusi untuk menghindari dampak buruk radiasi tersebut adalah dengan cara tidak menggunakannya saat itu. Lagipula, kalau tak ada sinyal apa yang mau Anda buka?

4. Jauhkan Ponsel Saat Tidur

Salah satu fungsi HP adalah sebagai alarm. Tetapi Anda juga harus pertimbangkan efek negatif radiasi untuk tubuh Anda.

Produksi melatonin pada tubuh dapat berkurang karena medan elektromagnetik. Selain itu, dampak medan elektromagnetik lainnya juga akan mengurangi penyapu radikal bebas yang bisa menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan DNA. Kerusakan DNA dapat meningkatkan resiko beberapa penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker.

5. Kurangi Penggunaan Ponsel di Kendaraan

Sebaiknya kurangi menggunakan ponsel saat berada di kendaraan. Saat kendaraan bergerak, smartphone akan menangkap sinyal dari tower ke tower lain. Itu akan membuat ponsel Anda mengeluarkan sinyal RF yang lebih banyak.

Terlebih kalau Anda yang membawa kendaraan, berbahaya sekali kalau sambil menggunakan smartphone.

6. Lepas Headset saat Tak Digunakan

Walaupun bagus menggunakan headset saat menelepon, namun alangkah baiknya melepasnya saat tak digunakan. Biar bagaimanapun, headset tetap memancarkan radiasi, apalagi yang berjenis bluetooth.

Mungkin itu saja informasi yang bisa Tasik Hits News bagikan kali ini tentang cara mengatasi efek buruk radiasi pada HP. Kita memang tak bisa lepas sepenuhnya dari paparan radiasi tersebut, tapi setidaknya meminimalkan dampaknya bagi tubuh.