Resep Cara Membuat Sup Jagung Kental Dan Enak

Untuk hari ini saya akan bagikan resep cara membuat sup jagung kental dengan cream dan enak yang bisa membuat hangat jika dinikmati dalam cuaca dingin.

Nah sebelum itu mari kita berbincang bincang dahulu ya bund 🙂

Jagung ialah salah satu tumbuhan pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi.

Bagi warga Amerika Tengah dan Selatan, jagung ialah pangan pokok, sebagaimana untuk sebagian warga Afrika dan sejumlah daerah di Indonesia.

Resep Cara Membuat Sup Jagung Kental Dan Enak
Sup Jagung Kental Dan Enak

Penggunaan lainnya ialah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena.

Berbagai produk olahan berbahankan jagung kini menjadi bahan baku sekian banyak produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

Bagian jagung yang biasa dimakan manusia ialah bijiannya, baik masih muda saat isinya belum mengering maupun sesudah tua dan mengering.

Biji yang kering bisa dihaluskan menjadi tepung jagung/maizena.

Di Jawa Timur terutama, biji dari jagung kering ditumbuk agak halus untuk mendapatkan beras jagung, yang sesudah dikukus atau ditanak menjadi nasi jagung.

Nasi jagung ini, murni atau bercampur nasi padi, umumnya digunakan sebagai makanan pokok khususnya di Jawa timur yang mendapat pengaruh dari kebiasaannya orang Madura.

Baca Juga :

Biji utuh dari jagung bisa dipanggang, disangrai, atau digoreng. Gorengan biji kering jagung dikenal sebagai marning di Jawa Tengah. Dari biji jagung kering varietas tertentu pun dapat diciptakan brondong jagung.

Jagung muda seringkali dipasarkan secara utuh bersama dengan tongkolnya. Meskipun jagung ladang dan jagung ketan pun dipanen.

Tongkol jagung direbus, dipanggang, atau dibakar. Beberapa masakan sayur, terutama sayur asam dan sayur herang dilengkapi dengan potongan tongkol jagung atau biji jagung muda yang sudah dipipil dari tongkolnya .

Dalam dunia kuliner pun, jagung sekarang menjadi salah satu bahan masakan yang tidak jarang ditemukan dan sangat mengundang selera makan.

Berbagai olahan dari jagung juga siap menggoyang lidahmu. Salah satunya dijadikan olahan sebagai sup.
Cara membuat sup jagung sendiri terbilang paling mudah.

Bunda pasti tahu sajian sup cream jagung yang banyak dijual di restoran cepat saji.

Resep Cara Membuat Sup Jagung Kental Dan Enak
Ya, cara membuat sup jagung yang kental dengan cream ini memang menjadi favorit banyak orang bun.

Di samping itu cara membuat sup jagung yang kental dengan tekstur yang empuk pun disukai banyak orang orang.

Kala musim hujan tiba, sup jagung kental sangat pas banget disajikan dan sup jagung ini akan jadi kudapan lezat yang menghangatkan tubuh.

Nah disini bunda pasti udah gak sabar pengen tau gimana cara membuat sup jagung yang kental dan nikmat ini ? oke deh yuk apa aja sih yang harus disiapin ? simak baik-baik dibawah ini !

Bahan cara membuat sup jagung Kental :

  • 100 gr Fillet Dada Ayam
  • 1 Jagung Manis
  • 2 Wortel

Bumbu sup jagung Kental :

  • 1 Bawang Bombay
  • 2 batang Seledri
  • 1 sendok teh Pala Bubuk
  • 1 Daun Bawang
  • 3 buah Bawang Putih
  • 1 sendok teh Minyak Zaitun
  • 1500 ml Air Matang
  • 2 sendok teh Merica Bubuk
  • 2 1/2 sendok makan Tepung Sagu
  • 2 sendok teh Gula Pasir
  • 3 sendok teh Garam
  • 1 1/2 sendok teh Margarin
  • 1 butir Telur Ayam
  • 2 sendok makan Air Matang

Baca Juga :

Langkah Cara Membuat Sup Jagung Kental dan Nikmat :

Resep Cara Membuat Sup Jagung Kental Dan Enak
Cara Membuat Sup Jagung Kental Dan Enak
  1. Perama-tama kita Bersihkan jagung manisn , wortel dan juga fillet ayamnya ya Bersihkan secara merata ya. Lalu pipil jagung dengan menggunakan tangan atau sisir dengan menggunakan pisau secara merata.
  2. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  3. Lalu kita potong-potong wortel dengan bentuk bulan ukuran 1,5 cm, atau kamu bisa memotongnya sesuai dengan selera yang diinginkan.
  4. Masukan potongan wortel kedalam wadah yang sama ,masukan jagung dan sisihkan kembali.
  5. Lalu untuk fillet dada ayamnya, kita potong-potong fillet nya dengan menggunakan pisau sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  6. Masukan dalam wadah dan bersihkan bersamaan dengan sayuran yang tadi sudah dipotong-potong jika udah bersih sisihkan.
  7. Lanjut ke membuat kaldu ayam, kita rebus air dulu ke dalam panci lalu masukkan ayam ke dalamnya.
  8. Biarkan sampai mendidih dan masak sampai kuahnya terlihat berlemak dan daging ayamnya berubah warna.
  9. Terus setelah itu, matikan api dan buang air yang memiliki lemak yang mengambangnya.
  10. Sisakan air kuah kaldu ayam secukupnya untuk kita gunakan sayur dan rebus kembali hingga mendidih secara merata.
  11. Sementara kita nunggu kuah kaldunya mendidih, kita siapkan bahan-bahan lainnya dengan cara menumis bawang putih dan bawang bombay dalam wajan hingga harum.
  12. Kemudian kita masukan garam, merica dan juga pala bubuk ke dalam tumisan secara merata.
  13. jika sudah harum dan tuangkan bumbu ini kedalam kuah kaldu yang sedang dimasak.
  14. lalu kita masukan wortel dan jagung manis kedalam kuah Aduk-aduk hingga rata dan masak hingga bahan menjadi lebih empuk dan matang.
  15. Masukan juga bahan-bahan pelengkap yg masih tersisa.
  16. Terakhir, masukan kocokan telur ayam kedalam kuah kaldu lalu aduk-aduk hingga telur bergumpal dan kentalkan kuah dengan larutan tepung sagu.
  17. Masak lagi sebentar sampai kuah meletup-letup dan test rasanya jika sudah dirasa pas. angkat dan sajikan selagi hangat.
  18. Selesai.

Nah itulah resep dan cara membuat sup jagung yang kental dan nikmat selamat mencoba ya bunda.

Jangan lupa like fanspagenya agar selalu mendapatkan update terbaru dan share ke yang lain ya 🙂

Baca juga :

Sampai jumpa di update selanjutnya ya 🙂