Resep cara Membuat Rinai Puding Yang Enak

Rinai Puding, banyak resep yang dicari mengenai type puding ini seperti puding pelangi cup ,cara membuat puding lumut,cara membuat puding bunga mawar akan tetapi kali ini saya akan bahas mengenai cara membuat Rinai Puding nah puding indah yang memiliki kejutan rasa dilidah saat dinikmati.

Bunda pasti udah penasaran kan gimana sih cara membuat Rinai Puding ini? hayoo penasaran ya? hehe

Resep cara Membuat Rinai Puding Yang Enak

Sebenarnya pengen sekali nulis banyak sekali tentang resep puding berbahan dasar bubuk agar-agar ini, tapi kita harus selaras ya bund dengan jenis resep puding yang ingin dibahas.

Kali ini resep yang kita bahas ialah kombinasi dari puding coklat dan puding busa.

Marilah berbincang sedikit ulasan dimulai dari puding busa.
Apa itu puding busa dan bagaimana serba-serbi dari jenis puding ini.

Ada yang menanyakan bagaimana agar adonan tidak terpisah antara adonan puding dan busa atau putih telur kocokanya, apakah dimasukan pada suhu panas, atau malah pada suhu dingin.

Ya memang, bila dimasukkan adonan hangat menjelang dingin, mengaduknya sebentar saja, sebab adonan puding yang sudah bercampur berwarna putih telur yang dikocok pasti akan segera memadat.

Baca Juga :

Enaknya jadi gak usah mantantengin adonan sebari mengaduk balik se lama itu. Tapi ya lebih mantaf mematangkan dulu si putih telur kocok dengan memasukan adonan panas-panas.

Supaya cepat turun suhunya, mangkuk adonan yang anda aduk-aduk, direndam air. Jika air telah berubah suhunya menjadi hangat, ganti airnya begitu terus.

Jadi proses pendinginan lebih cepat, dan putih telur kocoknya matang.
Aduk-aduk terus dengan teknik aduk balik sampai adonan puding busa mengental, kemudian segera masukan loyang yang telah diberi air.

Jika ingin membuat lapisan lainnya, tidak boleh menyimpan puding 1/2 jadi di kulkas.

Mengapa ? Karena suhu dingin bakal mencipatakan “embun” yang dapat bertransformasi menjadi lapisan air atau membran tipis transparan yang akan memisahkan puding yang telah tercetak dengan lapisan berikutnya.

Adakalanya saya hendak memberi variasi resep dengan tekstur busa yang lebih kokoh, maka saya meminimalisir jumlah airnya.

Yang dibutuhkan pemahaman yang lebih adalah putih telur yang di kocok mesti di perlakukan sebagai “cairan” yang dapat meminimalisir kekokohan tekstur dari puding.

Jadi jika ingin sekali puding busa memiliki tekstur yang kokoh, kurangi saja jumlah cairannya.

Selain meminimalisir jumlah air, Chocolate Compound yang anda tambahkan ke dalam adonan puding bermanfaat untuk memadatkan atau mengkokohkan bubuk agar-agar, tetapi dengan tekstur berbeda.

Untuk hasil yang seperti di gambar diatas, saya menggunakan loyang yang memiliki dua ukuran, besar dan kecil dan nggak dijual berpasangan.

Rainbow puding atau (puding busa) saya membuat terlebih dahulu dengan memakai loyang yang kecil.

Saya biarkan padat, kemudian lepaskan dari cetakan.

Proses yang berikutnya yaitu masukin puding rainbow busan kedalam cetakan yang besar, dan menuangkannya dengan adonan coklat selagi adonan baru mendidih atau panas, nah ketika adonan busa melayang setinggi keinginan.

kita tunggu sampai agak mengeras, dan menuangkan sisa adonan coklatnya sampai habis.

Tujuannya ialah saya hendak meletakan puding busa serupa di tengah adonan coklat.

Resep untuk adonan coklat saya pakai dari sini : Choco Caramel Coffee Puding

Hal penting yang perlu diingat agar jadi lebih mudah adalah :
masukan gula saat adonan sudah mendidih dan kompornya dimatikan, agar tidak mudah gosong.
Begitupun dengan Chocolate compound, masukkan saat kompornya baru dimatikan.

Udah dipelajari bund? oke lanjut ke topik membuat Rinai Puding simak dengan manis resep dan caranya saya lampirkan dibawah ini !

Sedangkan Cara Membuat Puding Busanya :

  • 3 buah putih telur
  • 1 bungkus agar-agar 9 gram
  • 750 cc susu UHT
  • 200 gram gula pasir
  • Pewarna dan perasa secukupnya.

Cara membuat puding busa :

  1. Panaskan susu hingga terasa hangat, masukan agar-agar bubuk, aduk-aduk dengan whisk.
  2. Kocok-kocok putih telur dan masukan gula sedikit demi sedikit
  3. Masukkan adonan pertama yang telah mendidih kedalam kocokan putih telur, aduk-aduk terus hingga terasa hangat, masukan essence tuty fruity atau apapun yang bunda suka, tujuanya untuk menghilangkan bauamis dari telur.
  4. Berikan sedikit pewarna dan essence kedalam setiap gelas kecil,lalu masukan adonan puding busa yang telah terasa hangat, aduk-aduk dan tuangkan ke loyang yang telah disediakan dalam posisi yang acak, diatas sebagian adonan puding busa putih.
  5. Lakukan secara bergantian hingga adonannya habis. Lakukan dengan cepat ya bund karena adonannya cepat sekali mengeras.
  6. Selesai

Nah itulah yang bisa saya bahas mengenai Resep Rinai Puding Semoga Bermanfaat ya bund .

Jangan lupa like fans page facebook untuk mendapatkan update terbaru setiap hari dan jangan lupa juga share ke yang lainnya melalui tombol medsos dibawah 🙂

Comments are closed.