5 Panduan Cara Belajar Gitar untuk Pemula

5 Panduan Cara Belajar Gitar untuk Pemula – Bisa bermain gitar adalah hal yang keren, apalagi untuk anak muda, rasanya kalau bisa bermain instrumen petik ini akan mudah disenangi dan pergaulan juga akan luas.

Untuk mempelajari gitar sendiri tanpa guru atau otodidak itu sebenarnya tidak sesulit yang Anda pikirkan. Saat ini sudah banyak tutorial yang Anda bisa lihat di video Youtube atau artikel-artikel yang menulis tentang bagaimana cara belajar gitar untuk pemula secara otodidak.

Modal utama yang Anda butuhkan kalau Anda ingin belajar gitar secara otodidak adalah gitar, walaupun sebenarnya Anda bisa juga pinjam ke teman, namun proses pembelajaran Anda akan lebih cepat jika memiliki gitar sendiri di rumah.

Kalau Anda sudah bertekad ingin bisa main gitar, ada beberapa tips yang perlu Anda ikuti di bawah ini, agar Anda lebih cepat menguasai alat musik petik ini.

cara belajar gitar untuk pemula

Cara Belajar Gitar untuk Pemula

Berikut adalah panduan cara belajar gitar untuk pemula:

1. Belajar Kunci Dasar Dahulu

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan kalau ingin belajar gitar adalah menguasai kunci-kunci dasar mayor dan minor saja terlebih dahulu. Kunci dasar adalah A, B, C, D, E, F, G beserta chord minornya.

Namun beberapa lagu mayoritas menggunakan kunci dasar C, G dan D. Lebih baik Anda menguasai beberapa kunci tersebut dulu, kemudian menyusul variasi lainnya.

Tahapan menguasai kunci dasar ini sebenarnya bisa ditempuh dalam waktu satu bulan saja, tapi itu tergantung dari intensitas Anda berlatih, semakin rajin maka semakin cepat pula Anda menguasainya.

2. Menyetel Gitar

Kalau Anda sudah bisa bermain kunci-kunci dasar, langkah selanjutnya adalah bisa untuk menyetel gitar (Tuning). Agar gitar terdengar merdu dan tidak sumbang, tentunya alat musik ini harus disetel dengan nada yang tepat.

Senar 1 pada gitar berada pada urutan paling bawah (suaranya paling tinggi), dan nomer 6 paling atas (suara paling low atau bass). Bunyi nadanya adalah E-B-G-D-A-E, berurutan dari bawah sampai atas.

Pada awalnya, mungkin Anda perlu bantuan orang yang lebih ahli untuk penyetelan gitar ini, namun seiring berjalannya waktu, Anda harus bisa sendiri menyetel gitar, agar tidak selalu merepotkan orang.

3. Memilih Gitar yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah Anda harus memilih gitar yang tepat. Sebagai pemula, Anda sebaiknya gunakan saja gitar akustik atau klasik dengan senar nylon, tujuannya agar jari Anda tidak sakit saat bergesekan dengan senar. Pada akhirnya nanti, Anda juga harus terbiasa menggunakan senar yang terbuat dari stainless steel (string).

Sebaiknya bagi pemula kalau ingin membeli gitar, itu wajib ditemani oleh teman atau seseorang yang sudah ahli. Soalnya pilihan gitar itu banyak dan tidak semua gitar dibuat secara sempurna, kadang ada saja kendala seperti neck yang bengkok, body tidak mulus atau masalah lainnya. Oleh karena itu jika Anda membeli gitar didampingi dengan orang yang lebih ahli, hal tersebut dapat dihindari.

4. Belajar Semua Chord

Pada tahap lanjutan setelah Anda menguasai kunci-kunci dasar, sebaiknya Anda juga kuasai beberapa kunci lainnya yang tidak umum digunakan. Tujuannya adalah memperkaya kemampuan sekaligus dapat Anda gunakan sebagai variasi nada nantinya.

Beberapa chord tersebut termasuk, diminished, augmented, chord 5, 7 dan lain sebagainya.

5. Belajar Petikan

Petikan pada gitar itu bertujuan untuk memperindah nada dan memberikan kesan lembut. Salah satu kemampuan ini perlu juga untuk Anda kuasai, walaupun Anda bisa memilih untuk bermain menggunakan “pick,” tapi tak ada salahnya menguasai kemampuan petikan.

Mungkin itu saja beberapa cara yang bisa Anda jadikan acuan untuk belajar gitar sendiri untuk pemula. Ada beberapa tahapan lain seperti belajar melodi dan lainnya, tetapi untuk dasar sebaiknya pelajari hal itu saja terlebih dahulu.

Comments are closed.