7 Cara Mudah Bangun Pagi yang Terbukti Ampuh dan Efektif

Cara Mudah Bangun Pagi yang Terbukti Ampuh dan Efektif – Pernah dengar ungkapan “Kalau Bangun Kesiangan Rejeki Bisa Dipatok Ayam!”. Sebenarnya ungkapan tersebut kiasan yang ada benarnya juga. Jika Kamu bangun lebih pagi, otomatis lebih banyak kegiatan yang bisa Kamu lakukan lebih awal dibanding orang lain.

Tapi masalahnya, kadang ada saja hambatan buat Kamu yang ingin bangun pagi, padahal udah niat banget dari semalam untuk bangun lebih awal. Entah itu karena sudah ada janji, atau memang ingin membiasakan diri untuk bangun pagi.

Apapun alasan Kamu, untuk mengatasi masalah tersebut Kamu bisa coba beberapa cara bangun pagi di bawah ini.

cara mengatasi malas bangun pagi

1 . Cara Bangun Pagi : Kurangi Aktivitas Malam Hari

Salah satu alasan umum kenapa Kamu sulit bangun pagi adalah karena Kamu tidur terlalu larut, entah itu karena gak bisa tidur atau hal lain.

Coba deh lakukan olahraga ringan di malam hari, atau lakukan aktivitas fisik yang membuat Kamu sedikit kelelahan.

Setelah Kamu lelah beraktivitas, Kamu akan lebih mudah mengantuk yang pada akhirnya Kamu bisa tidur pulas.

2 . Matikan Semua Lampu

Cara untuk bangun pagi selanjutnya adalah mematikan semua penerangan. Sorot cahaya yang ditangkap mata Kamu, itu akan diteruskan ke otak. Nah, hal ini yang membuat otak berpikir bahwa hari masih siang. Makanya Kamu susah banget buat tidur.

Solusinya, cobalah matikan semua penerangan yang mengarah ke kamar Kamu. Jika ingin ada penerangan, cukup gunakan lampu tidur yang redup.

Selain itu, kalau Kamu tidur gelap-gelapan, itu sebenarnya bagus untuk kualitas tidur Kamu.

3 . Matikan Semua Perangkat Elektronik

Hal lain yang membuat Anda susah untuk bangun pagi adalah karena gangguan-gangguan suara.

Suara seperti TV atau radio yang masih menyala, itu juga merupakan faktor pengganggu yang membut Kamu susah tidur, yang pada akhirnya membuat Kamu gagal bangun pagi.

Sebelum tidur, coba Anda cek seisi rumah, apakah masih ada perangkat elektronik yang menyala atau tidak. Selain itu, dengan membiarkan perangkat elektronik tersebut menyala terus-terusan, itu bisa membuat tagihan listrik Anda melonjak!

4 . Matikan Smartphone

Perhatikan! Biasanya kalau Kamu susah tidur, pasti Kamu akan ambil smartphone buat ngecek medsos Kamu.

Sebenarnya hal tersebut sangat menganggu banget, terlebih kalau Kamu menemukan sesuatu yang menarik di medsos, Kamu akan terus berinteraksi dengan smartphone sampai akhirnya waktu sudah sangat larut.

Matikan ponsel Kamu sebelum Kamu beranjak tidur. Lebih baik lagi, matikan setengah jam sebelum Kamu tidur dan jauhkan benda tersebut dari kamar tidur Kamu.

5 . Simpan Alarm di Tempat yang Sulit Dijangkau

Cara bangun pagi yang satu ini juga cukup ampuh. Dengan meletakan alarm jauh dari jangkauan, itu akan memaksa Kamu untuk bangun dan mematikan deringnya ketika alarm berbunyi.

Saat sudah bangkit dari kasur, secara tidak langsung itu sudah membuat Kamu sadar, karena badan Kamu sudah bergerak untuk mematikan alarm. Dan Kamu sadar bahwa hari sudah pagi dan Kamu harus bangun pagi.

6 . Minta Bantuan

Selanjutnya, cara agar bisa bangun lebih pagi Kamu bisa meminta bantuan keluarga atau istri untuk membangunkan Kamu.

Caranya cukup mudah, saat pagi tiba, minta seseorang itu untuk membuka jendela kamar agar cahaya matahari dan dinginnya udara pagi membangunkanmu.

Jika ruanganmu ber AC, minta seseorang untuk mematikan ac beberapa menit sebelum Kamu tetapkan jadwal bangun pagimu. Udara yang panas akan memaksa Kamu untuk bangun lebih awal.

Sebenarnya bisa saja untuk minta dibangunkan secara langsung, tapi biasanya cara ini gak efektif. Kamu akan cenderung “iya-iya” saja, tapi tetap melanjutkan tidur (Based on true story hi..hi..hi..).

7 . Pasang Alarm Alami

Manusia itu sudah diciptakan secara sempurna, termasuk dapat menyetel alarm secara alami pada mindsetnya.

Sebelum tidur, Kamu fokus dalam pikiran untuk bangun pagi. Buat sugesti yang kuat seolah-olah saat jam 5 pagi Kamu sudah terbangun. Atau dengan mengucap sugesti dalam hati “Bangunkan Aku jam 5 Pagi”. Ulangi kata-kata sugesti tersebut sampai Kamu terlelap.

Lihat hasilnya!

Jam 5 pagi Kamu akan terbangun! Tinggal Kamu pilih, mau bangun apa lanjut tidur ha..ha..ha..

Cara sugestif ini kalau sering dilatih dan dilakukan berulang manfaatnya luar biasa. Walaupun Kamu gak nyetel alarm alami tersebut, lama-kelamaan Kamu bakal terbiasa bangun pagi.

Well, itulah beberapa cara bangun pagi yang mudah untuk diterapkan. Kuncinya adalah “Niat Bangun Pagi”. Tanpa niat kuat, hasilnya bakalan nihil. Semoga bermanfaat!