3 Pelajaran Kewirausahaan Dari Perubahan Masif dalam Jurnalisme Digital

Untuk kita yang sedang belajar dalam membangun skill kewirausahaan kita banyak hal yang harus dipertimbangkan dengan matang oleh diri kita.

Apa itu KWU atau Kewirausahaan ? KWU/Kewirausahaan adalah proses dimana kita mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi dari dalam diri kita ke dalam kehidupan nyata.

Nah Visi ini berupa berbagai ide inovatif, bisa juga merupakan peluang, ataupun cara yang lebih baik dalam menjalankan suatu usaha.

Dan hasil akhir dari proses diatas tersebut adalah terciptanya usaha baru yang terbentuk daripada kondisi atau ketidakpastian.

KWU / Kewirausahaan juga memiliki arti yang berbeda-beda menurut argumen para ahli atau sumber acuan karena memiliki berbeda-beda titik berat dan penekanannya

Richard Cantillon (1775), misalnya, mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment).
Seorang wirausahawan melakukan pembelian barang pada harga tertentu dan menjualnya pada saat yang akan datang dengan harga tidak menentu.Jadi pengertian Kewirausahaan ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian.

Berbeda dengan Cantillon, menurut keterangan dari Penrose (1963) pekerjaan kewirausahaan merangkum indentfikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi.

Sedangkan menurut keterangan dari Harvey Leibenstein (1968, 1979) kewirausahaan mencakup pekerjaan yang diperlukan untuk membuat atau mengemban (menanggung) perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen faedah produksinya belum diketahui sepenuhnya.

Orang yang melakukan pekerjaan kewirausahaan dinamakan wirausahawan.

Banyak faktor yang menyebabkan perubahan dan tantangan yang dihadapi oleh outlet berita dan media tradisional saat ini, meskipun kedatangan teknologi berbasis web adalah katalis utama.

Apakah jurnalisme memang sudah mati? Tidak sampai saat ini masih terus berkembang.

Nah yuk kita simak 3 pelajaran khusus kewirausahaan yang bisa dipelajari oleh pengusaha :

1 . Berevolusi dengan pasar.

Kita tahu apa yang terjadi pada kebanyakan outlet berita tradisional. Mereka tetap berada di jalur kuno, alih-alih memahami realitas yang berubah.

Beberapa pergi tentang bisnis mereka, tidak menyadari bisnis mereka berisiko mati.

Mereka terlalu lama untuk beradaptasi dengan format baru yang lebih sesuai dengan cara orang sekarang mengkonsumsi konten mereka.

Dan konsumsi itu masih berubah. Jumlah konten yang tersedia bagi konsumen melalui platform streaming di internet telah meledak. Masih melakukannya.

Saat ini orang hanya kurang memperhatikan jurnalisme digital.

Banyak orang sekarang memindai berita utama daripada benar-benar membaca posting blog dan artikel yang menarik bagi mereka.

Outlet toko digital hampir selalu gratis di awal.

Sekarang perusahaan menginginkan uang seperti langganan yang tetap yaitu mengalir hari demi hari.

Pelajaran:

Agar dapat bertahan dan berkembang di pasar modern, Anda harus terus mengetahui bagaimana perubahan spesifik Anda terhadap pasar itu berubah.

Apa pun industri Anda, baca publikasi tentang perdagangan, dengarkan analis tren, dan perhatikan metrik Anda sendiri.

Ketika konsumen Anda mulai menunjukkan tanda-tanda berinteraksi dengan produk atau layanan Anda dengan cara baru, dengarkan mereka.

Lakukan riset pasar untuk memastikan penawaran Anda mutakhir dan, yang paling penting, untuk menangkap gelombang baru sebelum meratakan bisnis Anda.

2 . Bersaing dengan teknologi.

Fast Respons yang digunakan konsumen untuk merangkul web dan semua teknologi baru yang terkait pastinya terasa tidak nyata bagi penerbit tradisional.

Tidak lama setelah situs web bahkan menjadi bentuk embrio dari yang tampak setiap bisnis dan bahkan setiap individu memilikinya.

Dan itu tidak lama setelah itu sebelum orang melakukan bisnis yang sebenarnya di web. Awalnya, tentu saja, ini sebagian besar terkait dengan e-niaga. Namun mengingak format yang digunakan, termasuk HTML (bahasa markup yang membangun dasar-dasar, termasuk konten dalam bentuk mentah), tampaknya hanya masalah waktu sebelum penerbit harus mengetahui teknologi baru ini juga.

teknologi yang menjadi pondasi terus maju dengan bahasa pemrograman baru menghasilkan fungsionalitas baru, sementara media sosial dan bentuk komunikasi lainnya yang lebih cepat terus melakukan persaingan dan perkembangan.

sangat penting untuk tetap mengikuti arus teknology dan komunikasi yang berkembang pesat.

Pelajaran:

Teknologi mempengaruhi hampir setiap model industri dan bisnis.

Tidak ada lagi pilihan terbaik untuk tetap up to date dengan tren dan perkembangan di bidang Anda karena pilihan terbaik adalah teknologi baru yang berkembang.

Pantau publikasi perdagangan yang relevan.

Siapkan taksiran berita melalui Google untuk tetap mendapatkan berita terbaru dari berbagai sumber untuk menangkap tren baru saat mereka mulai berkembang.

Dan akhirnya, pekerjakan direktur, teknologi, dan karyawan yang juga terlibat dalam perkembangan ini.

3 . Beradaptasi Dengan Cepat.

Jutaan posting blog, artikel, dan halaman lain dipublikasikan di web setiap hari. Karena konten digital terus berkembang secara eksponensial, sangat penting bagi perusahaan penerbitan digital dan tradisional untuk menemukan cara baru untuk menarik perhatian audiens yang sudah mulai menipis.

Berapa banyak situs baru, tautan viral, video lucu, dan podcast yang tidak boleh dilewatkan oleh pengguna setiap hari? Singkatnya, semakin sulit untuk menarik perhatian mereka, apalagi mendapatkan keterlibatan dan bisnis mereka.

Memantau metrik yang tepat juga wajib. Visitor unik itu luar biasa, tetapi apa yang dilakukan visitor tersebut?

Analitik situs web Anda melaporkan tampilan halaman yang sehat dapat menyesatkan Anda sehingga berpikir semuanya baik-baik saja.

Namun, tampilan tidak harus sama dengan pendapatan.

Pelajaran:

Jika pelanggan Anda tidak lagi terlibat dengan produk dan layanan Anda, cari tahu dengan cepat mengapa itu terjadi dan kemudian berikan penawaran baru yang akan memenuhi kebutuhan mereka.

Jika perusahaan Anda tidak stabil secara finansial atau cukup besar untuk menahan perubahan pasar, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan untuk menggabungkan dan mengkonsolidasikan aset perusahaan Anda dengan perusahaan lain yang lebih aman.

Perpindahan yang terbaik terjadi antara dua perusahaan dengan kekuatan dan kelemahan mereka sendiri yang saling melengkapi.

Comments are closed.